Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Integrasi Google Site Kit Dalam Website WordPress

Apa itu Google Site Kit? Google Site Kit adalah plugin multifungsi yang menjadi penghubung Google dengan WordPress. Integrasi Site Kit dalam Website memudahkan Blogger mengelola blog WordPress nya. Site Kit adalah plugin resmi dari Google yang digunakan di website berplatform WordPress Content Management System (CMS). Sebagai pengguna WordPress, sangat banyak keuntungannya jika memanfaatkan plugin ini.

Cara menyiapkan Site Kit pun sangat mudah. Seperti Install plugin WordPress pada umumnya. Bisa dilakukan dari dashboard atau melalui upload file Zip ke WordPress anda. Ikuti langkah install lalu aktifkan.

Site Kit dan Search Console

Search Console merupakan salah satu bagian integral dari Site Kit. Search Console ini salah satu varian dari fitur Google Webmaster Tools. Selama ini, untuk mengetahui sejauh mana memahami dan mengetahui hasil pencarian di situs web atau blog kita oleh mesin pencari, kita harus masuk dulu ke Webmaster Tools.

Integrasi Search Console di dalam Site Kit memungkinkan kita untuk: mengetahui aktifitas menuju blog, sebagaimana “dilaporkan” oleh Google. Termasuk gambaran singkat (overview) atas total klik, rata-rata CTR, dan total impresi.

Site Kit Seacrh Console

Search Console Tools juga membantu menemukan dan menampilkan halaman blog Anda di Google Search. Melacak berapa banyak orang melihat situs Anda di hasil Pencarian. Juga permintaan apa yang mereka gunakan untuk mencari situs Anda.

Site Kit dan Analytics

Jika anda memasang Site Kit di website WordPress, maka salah satu keuntungannya adalah bisa menghemat penggunaan plugin yang “sama”. Ada plugin khusus Google Analytics yang kita kenal selama ini. Dan mungkin anda juga pernah memasangnya. Dengan Site Kit, tidak diperlukan lagi plugin yang kurang lebih “sama” itu. Karena sudah menyematkan Analytics di dalamnya.

Site Kit Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Ia dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing. Melihat fungsinya, maka Analytics merupakan Google Tools yang komprehensif. Para Blogger profesional tentu memanfaatkan Analytics.

Google Site Kit AdSense

Jika Anda pengguna WordPress dan hendak menampilkan Google AdSense, Site Kit sudah terhubung. Ini memangkas beberapa langkah jika dibandingkan pengguna selain WordPress. Sejak pertama kali akan meletakkan Publisher ID, Google sudah menawarkan untuk memasang Script pendukungnya melalui Site Kit.

Google Site Kit dan AdSense yang sudah terintegrasi dalam plugin ini, tidak hanya berfungsi untuk memantau seberapa besar penghasilan situs Anda. Saya boleh memberi saran, meskipun belum saatnya menampilkan Iklan Adsense, jika sudah memiliki Akun Adsense, baik sekali untuk memasang plugin ini.

Google Site Kit WordPress AdSense

Link Penghubung Site Kit Ke Layanan Utama

Selain 3 (tiga) yang disebutkan di atas, Search Console, Analytics dan Adsense, Site Kit juga mengitegrasikan PageSpeed ​​Insights, Tag Manajer dan Optimasi. Ketiganya akan dibahas di lain kesempatan.

Semua layanan Plugin Site Kit terintegrasi, diberikan link penghubung ke layanan utama Google, untuk jenis layanan yang disediakan. Link penghubung diletakkan pada setiap sub halaman Site Kit. Ini jelas sangat memudahkan kita untuk terhubung dengan Google langsung dari Blog kita.

Salah satu tips memakai plugin Site Kit adalah; email utama Anda terhubung dengan Google Search Console, Analytics dan juga Adsense. Site Kit akan secara otomatis mendeteksi keterhubungan akun dengan layanan tersebut.

Dan jika hendak menuju ke salah satu layanan harus Login terlebih dahulu. Langkah itu merupakan persyaratan dari Google yang tidak bisa ditawar lagi. Demi keamanan juga kemudahan langkah berikutnya.

Sudah saatnya memanfaatkan kemudahan Google Site Kit WordPress plugin resmi dari Google. Demikian artikel WordPress blog tips dan tool singkat. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment