Blog Tips & ToolsEsai Digital

Gagal Verifikasi Identitas Google Adsense

Ini pengalaman tentang gagal dalam verifikasi identitas Google Adsense. Meskipun belum yakin, tapi masih mengira-ira. Lalu apa penyebab gagal verifikasi identitas Google Adsense?

Gagal dalam verifikasi identitas diri untuk keperluan persiapan pembayaran di Google Adsense sudah saya rasakan sejak awal memenuhi permintaan Google. Ia meminta agar saya mengunggah identitas diri yang saya miliki. Sayangnya, saya kurang cermat memperhatikan ketentuan yang diberikan.

You need to verify your identity

Apa yang dilakukan kemudian? Mengedit dan menyimpan kembali variable identitas agar tersesuaikan dengan Akun Google (Adsense).

Yang membuat saya kaget, iklan GA sudah tidak muncul lagi di situs yang saya kelola. Termasuk di blog ini. Sementara, melalui Google Site Kit, Google Adsense, statusnya masih terkoneksi. Artinya, script yang di-inject untuk auto-ads oleh Google masih ada. Namun, iklan tidak tampil (hingga atrtikel ini ditulis)

Gagal Verifikasi Identitas Tahap Kedua

Pemberitahuan ke dua perihal gagal verifikasi identitas kembali diterima; You need to verify your identity. Mengapa saya perlu kembali melakukan verifikasi identitas.

Google memberikan saran: untuk menyelesaikan verifikasi ini, Anda perlu memberikan informasi tambahan, bersama dengan gambar ID foto yang dikeluarkan pemerintah saat ini (seperti paspor atau SIM).

Masih kata Google: PENTING: Informasi yang Anda masukkan harus sama persis dengan informasi di KTP. Jika Anda mewakili sebuah organisasi, informasi yang Anda masukkan harus sama persis dengan informasi pada dokumen yang Anda kirimkan terkait dengan organisasi Anda.

Di verifikasi tahap kedua ini, Google menolak dengan alasan; dentitas Anda tidak dapat diverifikasi karena alasan berikut: Id Foto yang Diterbitkan Pemerintah: Gambar buram atau berkualitas rendah. Rupanya Gambar KTP yang saya unggah masih belum memenuhi kriteria dari Google. Kebetulan yang saya unggah KTP dengan warna hitam dan putih.

Percobaan Verifikasi Identitas ketiga

Lalu, bagaimana cara dan apa tips untuk mengunggah atau mengirim dokumen KTP, SIM, Paspor, untuk keperluan verifikasi identitas Google Adsense. Google memberi saran

  1. Tangkap seluruh dokumen termasuk keempat sudutnya.
  2. Gambar Anda harus dapat dibaca,  fokus, dan bebas dari pantulan dan silau jika dilihat.
  3. Dokumen yang tidak lengkap atau terhalang atau foto gelap atau buram tidak akan diterima.
  4. Untuk mencegah penyalahgunaan, kami mengizinkan upaya verifikasi dalam jumlah terbatas.
  5. Mengunggah dokumen atau foto selain yang diminta dapat mengakibatkan penangguhan akun.

Untuk verifikasi identitas ketiga, saya coba memenuhi unsur yang disarankan Google. Tentu dengan bayang-bayang kegagalan lagi untuk ke empat kalinya.

Dengan identitas KTP yang sama, saya unggah kembali. Gambar KTP seperti apa adanya. Karena memang tidak bisa dimodifikasi sungguhpun itu tentang tampilannya. Namun, dalam proses verifikasi identitas ke empat ini, rupanya juga mengalami kegagalan.

Google menjawab: Kami tidak dapat memverifikasi identitas Anda berdasarkan dokumen yang diberikan. Anda mungkin telah mencapai jumlah percobaan verifikasi maksimum yang diperbolehkan atau mengunggah foto yang tidak tepat (We can’t verify your identity based on the documents provided. You may have reached the maximum number of verification attempts allowed or uploaded inappropriate photos).

Kualitas Gambar KTP Rendah?

Setelah saya amati, kegagalan ke empat masih berhubungan dengan kartu identitas KTP. Memang, kualitas gambar KTP rendah. Tidak bagus. Tidak mencerminkan warna yang baik. Terkesan buram. Saya jadi ingat tentang carut marut permasalahan KTP Elektronik

Terkait dengan semua yang disampaikan di atas, saya masih menguayakan bagaimana Gagal Verifikasi Identitas Google Adsense tidak terulang lagi. Itupun jika Google masih mau menambah usia Akun Adsense saya….

Upadate: seiring perubahan tema blog baru, saya lepaskan script GA dari blog ini. Ini juga untuk menyesuaikan pembaruan yang diperlukan.

Tapi tiba-tiba Google memberitahu: Earnings at risk – You need to fix some ads.txt file issues to avoid severe impact to your revenue. berhubungan dengan file Ads[dot] txt yang sudah saya lepas. Saya masih berpikir ulang utk menempatkannya kembali.

Show More

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Terima kasih sudah singgah. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button