Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Cara Menghapus Sitemap.xml Yang Lama. Bisa dan Berhasil

Bisa kah menghapus sitemap.xml yang lama ? Bisa. bagaimana cara nya. Google menyediakan fitur penghapusan sitemap. Saya sudah mencoba dan ternyata bisa dan berhasil. Cara menghapus Sitemaps yang lama tertanam dari fitur sitemap Google Search Console selengkapnya diuraikan di artikel blog tips ini.

Ada Sitemap yang lama. Ada Sitemap yang baru. Kok bisa? Ceritanya berawal dari penggantian plugin SEO untuk salah satu blog WordPress. Usia blog sendiri sudah lama, 9 tahun lebih. Inisiatif mengganti plugin SEO sendiri datang setelah menimbang beberapa alasan.

Plugin SEO yang baru memiliki perlakuan yang berbeda, hubungannya dengan sitemap. Keduanya sama-sama sitemap dengan extensi .xml. Saya pikir harus ada kepastian. Ambil  satu sitemap yang harus dipakai dan di-submit ke Google Search Console.

Selama ini, kedua sitemap.xml tertanam di fitur Search Console. Sejauh itu pula, ada inisiatif untuk menghapus sitemap.xml yang lama. Bisa dan berhasil kah? Itu pertanyaan yang selalu menghantui. Sementara dari sisi sebagai pengguna, rasanya ada yang kurang tepat. Menggunakan dua sitemap sekaligus untuk satu blog.

Baca Juga :   Ciri Budaya Digital, Konsumsi Teknologi Yang Tinggi

Saya sendiri kurang paham dengan perlakuan Google terhadap Sitemap blog. Bagaimana pula pengaruh dua sitemap sekaligus yang ada di Google Search Console?. Juga tidak paham. Namun, dari sisi logika, penggunaan dua sitemap sebenarnya tidak efektif.

Plugin SEO dan Sitemap.xml

Sempat ragu, apakah cukup menghapus sitemap.xml yang lama  saja atau juga menghapus sitemap.xml  yang baru. Konsekuensinya, harus submit-ulang sitemap yang baru di kemudian hari. Setelah dipertimbangkan, maka diputuskan menghapus sitemap.xml yang lama, sementara sitemap.xml yang baru, yang di-submit belakangan, tetap pada posisinya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum proses menghapus sitemap.xml yang lama Google Search Console.

  1. Pastikan Plugin SEO yang baru yang membawa File Sitemap.xml yang baru, sudah di-install. Jika dipandang perlu, import File Sitemap.XML dari plugin SEO yang lama ke Plugin SEO yang baru. Langkah ini akan lebih aman untuk  isi sitemap yang terdiri dari rangkaian URL page, post, category dan tag (sesuai kostumisasi yang dilakukan).
  2. Pastikan pula sitemap.xml yang baru sudah di-submit ke dalam Google Search Console. Agar bisa membedakan mana sitemap yang baru dan mana sitemap yang lama. Kan salah satunya mau dihapus, bukan?
  3. Anda juga harus memastikan bahwa Plugin SEO lama yang membawa File Sitemap.xml yang lama, sudah di-uninstall. Sehingga tidak ada double SEO Plugin di blog, karena bisa berpotensi konflik antar-plugin.
  4. Asumsikan di Google Search Console-Sitemap, sekarang ada dua sitemap.xml, dan salah satunya yang akan dihapus.
  5. Pahami struktur file sitemap.xml. Umumnya, file sitemap berisi;
  • /category-sitemap.xml
  • /page-sitemap.xml
  • /post-sitemap.xml
  • /post_tagsitemap.xml

Struktur sitemap di atas yang satu per satu akan dihapus. Ini kuncinya. Cara menghapus sitemap.xml adalah dari struktur file sitemap yang paling bawah.

Cara Menghapus Sitemap.xml

Cara menghapus Sitemap.xml dari Search Console

  1. Dari beranda Google Search Console, Klik Sitemap,
  2. Klik Submitted Sitemap, sampai muncul daftar sitemap yang pernah di-submit
  3. Pilih atau Klik Sitemap yang akan dihapus. Pastikan struktur file sitemap muncul (bisa jadi berbeda dengan gambar di atas)
  4. Pilih struktur file sitemap yang paling bawah, misalnya /post_tag-sitemap.xml
  5. Klik  “3 titik” di ujung kanan layar, lalu klik Remove. Ini langkah atau cara menghapus Sitemap.xml untuk file /post_tag-sitemap.xml, lalu akhiri dengan Yes/OK/atau perintah hapus lain yang disediakan Google.
  6. Ulangi langkah ke 4 dan 5 untuk menghapus struktur file sitemap.xml yang lain, yaitu /category-sitemap.xml, /page-sitemap.xml, /post-sitemap.xml, sampai selesai. Sampai di sini, menghapus struktur file sitemap sudah selesai.
  7.  Langkah selanjutnya adalah menghapus file induk sitemap.xml. Ingat, file induk, file utama sitemap.xml. Lakukan langkah sebagaimana langkah ke 4 dan ke 5 di atas, sampai selesai.
  8. Di langkah ke 7, menghapus sitemap yang lama seharusnya sudah selesai.
  9. Refresh Google Search Console, Klik Sitemap. Seharusnya, sekarang hanya ada satu sitemap.xml di blog anda.
Baca Juga :   Structured Data Testing Diganti Dengan Rich Results Test Tools

Demikian artikel blog tips tools tentang bagaimana remove sitemap from google search console, cara menghapus sitemap.xml yang lama. Berdasarkan yang saya lakukan, bisa ditempuh dan berhasil.

Lalu, apakah sitemap.xml yang sudah dihapus akan dengan sendirinya terhapus dari cache Google? Ini bisa jadi pembahasan di artikel lain. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment