Blog Tips & ToolsEsai Digital

Judul Hasil Pencarian Berbeda Dengan Judul Halaman, Mengapa?

Pertanyaan mengapa judul halaman hasil pencarian berbeda dengan judul halaman asal? Apa penyebab nya? Apakah Google mengubah tag judul (title tag) tanpa sepengetahuan kita? Jika iya, Mengapa Google mengubah nya?

Pertanyaan tersebut sudah lama muncul di benak saya selagi nge-blog. Kebetulan saya mengelola lebih dari satu blog. Di salah satu blog terdapat perbedaan judul halaman. Antara di hasil pencarian Google dengan judul halaman seharusnya. Padahal Saya tidak melakukan perubahan apapun pada pengaturan judul halaman. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Lebih detail lagi seperti ini. Ada perbedaan judul blog atau situs dengan judul blog atau situs di hasil pencarian. Ada perbedaan di hasil pencarian antara judul halaman blog atau situs dengan judul aslinya. Ada perbedaan juga di hasil pencarian untuk judul halaman kategori dan tag dibanding dengan judul aslinya.

Sebuah situs memberikan informasi awal untuk mendapatkan jawaban. Dikatakannya; kebanyakan orang tahu bahwa Google dapat mengubah deskripsi meta yang muncul di hasil pencarian, menampilkan kalimat atau rangkaian frasa dari konten Anda, bukan deskripsi meta spesifik yang Anda tulis. Tapi tahukah Anda bahwa Google juga dapat mengubah tag judul Anda?

Sudah lazim dikethaui, perbedaan deskripsi meta dari sebuah halaman, bahkan dari sebuah blog atau situs, bisa saja ditampilkan berbeda oleh Google. Itu semuanya antara tertgantung pada query pencarian yang mengarah pada judul atau halaman blog atau situs kita. Bagaimana dengan judul sius atau halaman yang berbeda di hasil pencarian?

Judul Situs dan Nama Organisasi

Ini sebuah contoh penelusuran berdasarkan yang Saya alami sendiri. Organisasi saya memiliki situs. Nama organisasinya menjadi nama domain. Sementara Title Tag untuk judul halaman situs berbeda dengan nama organisasi.

Kebetulan, nama organisasi telah didaftarkan ke Google Business. Ini untuk banyak alasan. Di antaranya, agar organisasi bisa  dicari keberadaanya lewat daring, juga untuk branding. Meskipun organisasi saya bukan organisasi bisnis dalam pengertian sebuah perusahaan. Melaikan organisasi sosial keagamaan.

Di hasil pencarian untuk kata kunci “nama organisasi”, Google memperlihatkan nama organisasi tersebut menjadi judul situs, persis di bawah nama domain organisasi. Google tidak menunjukkan hasil dengan memperlihatkan Sites Title Tag (H1 Tag) sebagaimana tertulis di halaman “Home”.

Dari penelusuran ini, Saya mulai curiga dan mencoba mencari jawaban mengapa judul halaman hasil pencarian berbeda dengan judul halaman asal? Apa penyebab nya?

Keterindeksan situs organisasi di satu sisi dan keterindeksan nama organisasi di sisi lain, menjadi mungkin untuk Google menggabungkan sehingga terjadi perbedaan nama halaman pada hasil pencarian atas query yang ada.

Untuk kasus di atas, yang terjadi kemudian adalah; Google menunjukkan hasil pencarian atas query yang dipilih, dan hasilya benar-benar berbeda. Untuk pencarian berdasarkan judul situs, mengarah pada hasil judul halaman situs. Untuk pencarian nama organisasi, mengarah pada situs dengan Title tag nama organisasi.

Saya menggunakan Plugin SEO. Dan sudah melakukan setting sebagaimana yang saya kehendaki. Tidak hanya berkaitan dengan Judul Situs, melainkan pengaturan lain terkait judul untuk halaman kategori dan tag. Namun hasilnya tetap sama. Artinya, plugin SEO berhadapan dengan Google, tidak merupakan jaminan akurasi.

Jika demikian, apakah Google memang menghendaki perbedaan hasil pencarian halaman yang lebih bervariasi? Bersambung ke artikel ini > Alasan Mengapa Judul Hasil Pencarian Mungkin Berbeda

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Terima kasih sudah singgah. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button