Blog Tips & Tools Esai Digital

Apa itu Orphaned Content?

Apa itu Orphaned Content? Orphaned Content (konten tak bertautan) adalah pos, artikel, halaman, tulisan dalam website atau blog yang tidak memiliki tautan masuk (inbound link) yang tertuju kepadanya.

Apa maksud dari Orphaned Content? sebagaimana dinyatakan oleh Yoast, adalah konten yang tidak mendapat tautan dari pos atau laman lain di situs web / blog yang sama. Akibatnya, konten ini sulit ditemukan, baik oleh Google maupun pengunjung.

Posting dan halaman memerlukan tautan internal ke dalamnya, agar sesuai dengan struktur situs dan dapat ditemukan. Perhatikan bahwa ‘tautan’ dalam hal ini berarti: tautan kontekstual.

Jika konten ditautkan dari beranda, peta situs, atau halaman kategori dan tag, tetapi tidak memiliki tautan teks, itu masih dianggap sebagai orphaned content. Alasannya adalah karena tautan teks memberi konteks kepada pengguna dan mesin pencari sehingga bisa menambah nilai. Sampai di sini, pengertian orphaned content sudah bisa dipahami.

Untuk memberi peringkat pada konten, Google jelas perlu mengetahuinya. Mesin pencari mengikuti tautan dan menyimpan semua konten halaman dalam indeks mereka. Orphaned Content memiliki beberapa tautan internal yang bermakna dari halaman lain atau pos ke sana.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Kode Google Analytics untuk Situs Web

Google akan menganggap konten jenis ini kurang penting. Jadi, jika sebuah artikel penting bagi Anda, Anda harus menjelaskanya kepada Google (dan pengunjung Anda) dengan meletakkan tautan ke artikel tertentu dari konten lain atau yang serupa.

Bagaimana kita bisa mengetahui sebuah artikel atau posting masuk kategori orphaned content? Gambar berikut adalah contoh pemberitahuan adanya orphaned content di dashboard post blog WordPress.

orphaned post
Yoast SEO Premium merupakan salah satu blog/web tools yang bisa memberitahu keberadaan orphaned content. Namun jika Yoast SEO yang digunakan masih free, maka ia tidak akan memunculkan pemberitahuan orphaned content. Pengguna Yoast SEO Premium akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis. Dan dari sana, kita bisa mengetahui.

Kita harus merubah dari status orphaned content menjadi konten berkualitas dengan teknik link building. Ke artikel atau posting atau halaman dimaksud, berikan sekurang-kurangnya satu link dari post artikel atau halaman lain yang ada di blog.

Tehnik Link Building adalah sebuah tehnik dan tips dalam blogging yang harus dimiliki oleh setiap blogger. Dengan link building, konten semakin berkualitas di mata mesin pencari. Teknik itu bagian dari tips untuk menjadikan blog atau websitenya semakin berkualitas dalam pengindekan dan peringkat di mesin pencari.

Baca Juga :   5 Gaya Hidup Digital. Anda yang Mana?

Selain link building dengan cara tersebut, ada juga cara submit blog ke beberapa website.  Tidak ada salahnya untuk dicoba.

Finally, demikian, pertanyaan apa itu orphaned content sudah bisa diberikan jawaban nya. Kiranya juga bisa menjawab pertanyaan apa maksud dari orphaned content? dan apa pengertian orphaned content.

Baca juga artikel blog tips ini>Apa itu Custom Fields Cached? Bagaimana Cara Menghapus nya?

Semoga blog tips & tools ini menambah manfaat buat anda para pembaca semuanya, terutama para blogger di mana pun berada.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment