Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Halaman Blog, Pengertian, Jenis dan Ketentuan

Apa itu pengertian dan jenis halaman blog yang standar dan apa saja ketentuan dari halaman sebuah blog?

Blog terdiri dari dua struktur utama: posting dan halaman. Jadi ini harus dibedakan. Memahami perbedaan antara posting dan halaman memang bisa membingungkan. Perbedaan paling mendasar dari halaman dan posting adalah; isi atau konten halaman bersifat statis, tetap, tidak dinamis, disiapkan se-informatif mungkin, dan jarang diperbarui.

Halaman Blog adalah halaman yang biasanya digunakan untuk meletakkan informasi utama yang ingin dibagikan oleh blogger pemilik blog tersebut dengan para pembaca. Mengapa dikatakan dengan informasi utama?

Karena pada halaman tersebut berisi tentang informasi-informasi dasar dan utama serta ketentuan-ketentuan tentang keseluruhan isi blog.

Halaman blog berisi judul halaman, isi halaman berupa artikel, gambar atau video. Pada jenis halaman ini, secara default ada kotak komentar yang disediakan. Tapi ada pilihan dimunculkan atau tidak. Biasanya, kotak komentar diseting disable, tidak disediakan. Karena halaman blog tersebut bukan halaman untuk sebuah diskusi.

Hal tersebut juga berlaku untuk Tag. Tidak perlu tag disertakan di halaman blog jenis ini. Karena ini bukan halaman posting, tapi halaman sebuah blog.

Sampai di sini, pengertian halaman blog sudah bisa dipahami.

Halaman Blog Anda

Jenis Halaman Blog

Apa saja jenis halaman blog? Sekurang-kurangnya terdiri dari;

  1. Halaman Depan/ Front Page,
  2. Halaman About / Tentang,
  3. Halaman Kontak / Contact.
  4. Termasuk dalam halaman blog informasi utama adalah Halaman Arahan / Landing Page, Kebijakan Privasi, Disclaimer, dan Kebijakan Layanan  / Terms of Services.
  5. Beberapa tampilan blog juga menyertakan Halaman Panduan, seperti Blogging Guidelines/ Panduan Blog.
Baca Juga :   Bagaimana Cara Menampilkan Artikel Blog di Google News ?

Selain halaman-halaman tersebut sebuah blog juga memiliki beberapa halaman yang muncul bersamaan dengan pembaruan-pembaruan isi blog.

Setidaknya ada 7 halaman yang bisa diketahui dalam struktur sebuah blog, yaitu halaman posting, halaman kategori, halaman sub-kategori, halaman arsip, halaman tag, halaman kumpulan posting, halaman hasil pencarian.

  1. Halaman Posting; contoh halaman ini. Sebuah posting blog hakikatnya adalah sebuah halaman, namun bersifat dinamis sehingga perlakuanya tidak seperti pada halaman statis. Semakin banyak posting, demikian semakin banyak halaman dalam keseluruhan isi blog;
  2. Halaman Kategori: semakin banyak posting semakin banyak kategori di mana posting-posting itu dikumpulkan. Sehingga membentuk halaman blog untuk kategori kategori. Sebanyak berapa kategori yang ada, sebanyak itu pula halaman kategori dihitung.
  3. Bagaimana dengan Halaman Sub-Kategori. Jika sebuah kategori memiliki sub-kategori, itu juga berarti ada penambahan halaman blog. Sehingga dihitung sebagai satu halaman per satu-sub kategori.
  4. Struktur halaman blog yang menggunakan pagination, dengan ketentuan memakai navigasi halaman, menghasilkan banyak halaman. Untuk halaman awal, frontpage dihitung sebagai satu halaman utama. Jika navigasi dari front page menuju halaman selanjutnya untuk melihat kumpulan posting yang diterbitkan sebelumnya, itu juga dianggap sebagai halaman-halaman artikel blog.
  5. Halaman awal arsip dari sebuah kategori blog, dengan ketentuan menggunakan navigasi halaman, akan dianggap sebagai satu halaman arsip. Demikian juga dengan halaman ke dua arsip kategori, akan dianggap sebagai halaman-halaman dalam keseluruhan blog.
  6. Jika menggunakan Tag, maka kumpulan tag yang mengarah pada satu, dua atau lebih posting, akan menghasilkan halaman tag. Semakin banyak posting dan tag yang dikaitkan, akan semakin membuat banyak halaman tag dalam keseluruhan isi blog. Halaman tag hanya muncul jika dilakukan pencarian Tag.
  7. Fasilitas pencarian membentuk struktur halaman hasil pencarian dalam blog. Hasil pencarian diarahkan pada halaman tertentu yang menunjukkan hasil pencarian. Halaman ini hanya muncul jika ada sebuah aktivitas pencarian di blog.
Baca Juga :   Silaturahmi Digital Virtual yang Fenomenal

Ketentuan Halaman Blog

Hal-hal utama yang perlu diingat sebagai ketentuan halaman blog adalah:

  1. Halaman informasi utama disertakan dalam blog sebagai ketentuan minimal;
  2. Informasi utama dalam halaman blog tersebut ditulis dengan lebih lengkap dan informatif;
  3. Isi dari halaman-halaman blog sebaiknya ditulis secara lengkap. Untuk beberapa jenis halaman diisi dengan konten yang lebih panjang dari pada halaman lainnya;
  4. Isi dan kandungan halaman blog tidak terlalu sering diperbarui / diupdate.
  5. Sebaiknya halaman blog sudah disiapkan lebih awal sebelum memutuskan untuk dibuat dan diterbitkan.

Masih berhubungan dengan ketentuan halaman blog dengan informasi utama, berikut ini beberapa tambahan untuk melengkapi pengetahuan:

  1. Halaman blog ditampilkan secara independen, statis dan berdiri sendiri, tidak terikat dengan posting tertentu. halaman-halaman tersebut isinya tetap sama dari hari ke hari, karena jarang diperbarui Halaman tersebut tidak memiliki ketentuan kapan waktu diterbitkan, tidak disertakan tanggal penerbitanya.
  2. Halaman blog jenis ini dapat muncul atau dimunculkan di mana saja di blog tergantung pada tema yang digunakan. Juga tergantung pada blogger di mana dia mau menempatkan. Biasanya di bagian header. Ada juga yang menampilkan di header sekaligus di bagian footer
  3. Pada jenis halaman blog ini tidak disertakan kategori dan tag. Halaman ini juga tidak muncul dalam umpan RSS sehingga pembaca harus mengunjungi blog jika harus melihat pembaruan halaman tersebut.
  4. Halaman blog memungkinkan blogger untuk membuat sub-halaman yang ditetapkan ke halaman induk untuk membuat halaman turunan.
Baca Juga :   Structured Data Testing Diganti Dengan Rich Results Test Tools

Demikian artikel pendek bagian dari blog tips tentang pengertian jenis halaman blog dan ketentuannya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang Apa itu Halaman Blog bagi pembaca semuanya.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment