Blog Tips & Tools Esai Digital

Cara Membuat Akun Google Analytics

Apa itu Google Analytics? Bagaimana cara membuat akun Google Analytics? Bagaimana pula langkah-langkahnya. Blog tips & tools ini akan memberikan sedikit cara membuat akun Google Analytics.

Google Analytics adalah layanan analisis situs web gratis yang ditawarkan oleh Google. Ia yang memberi wawasan kepada kita tentang bagaimana pengguna menemukan dan menggunakan blog atau situs web kita. Inilah antara lain fungsi dasar dan manfaat yang baik dari Google Analytics untuk situs web kita.

Agar Google Analytics bisa berfungsi secara optimal untuk blog atau situs web.? Ada cara yang harus Anda lakukan. Yaitu, menginstal sejumlah kecil “kode pelacakan” pada setiap halaman situs web Anda, yang diberikan oleh Google Analytics.

Cara Membuat Akun Google Analytics

“Kode Pelacakan” itu yang dalam tulisan ini disebut dengan Kode Google Analytics. Lantas, bagaimana Cara Mendapatkan  Kode Google Analytics?

Membuat Akun Google Analytics

Langkah paling utama adalah “membuat akun google analytics” terlebih dahulu. Ya, akun ini yang akan digunakan untuk mengakses dan mengolah data kita yang kita butuhkan, atau data kita yang dibutuhkan oleh Google Analytics.

Yang harus disiapkan tentunya, Kita punya Akun Google, Gmail. Dan sebaiknya, sudah harus punya blog atau situs web. Karena langkah selanjutnya nanti, akan langsung berkaitan dengan situs web atau blog.

Baca Juga :   Menulis Artikel yang Efektif di Blog Setiap Hari

Kalau punya akun tapi tidak punya blog atau situs web? Kiranya tidak perlu susah-susah mencari cara membuat akun Google Analytics untuk mendapatkan  Kode Google Analytics. Juga tidak perlu repot untuk mengintegrasikan atau menginstal kode Google Analytics ke dalam blog atau situs web.

Yang hendak dimasuki Kode Google Analytics itu  blog lama atau baru? Mungkin ini pertanyaan mendasar, tapi bisa jadi muncul. Jawabannya, yang lama bisa, yang baru juga bisa. Yang penting, blog belum mendapatkan kode Google Analytics.

Langkah-langkah Membuat Akun Google Analytics

  1. Login ke Akun Google dengan Gmail
  2. Di Tab baru browser, ketik Google Analytics lalu Enter

Jika sudah dalam posisi Log In, akun anda akan diarahkan langsung ke laman setelan Google Analytics. Ini cara yang lebih singkat.

  1. Lalu, Klik “Analytics” di tab baru browser tersebut. Anda akan di bawa ke halaman web provision Google Analytics, persis di halaman berandanya.
  2. Di sisi kiri bawah halaman Beranda, “Klik Admin”. Panel Admin ini berfungsi untuk mengarahkan pada panel isian data anda sebagai Admin Google Analytics. Ya, bukan admin lain.
  3. Klik “Buat Akun Baru”
  4. Klik “Setelan Akun”. Lalu Isikan data minimal yang dibutuhkan. Ingat, blog tips & tool ini sekadar membagikan langkah-langkah Cara Mendapatkan Kode Google Analytics secara mendasar
Baca Juga :   Artikel Terindek di Featured Snippet Atau Cuplikan Pilihan Google

Pada baris “Setelah Akun”, ada “Setelan Dasar”. Itulah yang harus diisi hingga discroll ke bawah untuk disimpan setelah selesai pengisian data.

  1. “ID Akun”. Google Analytics akan secara otomatis memberi ID Akun untuk Akun yang akan kita buat.
  2. Pada Isian “Nama Akun”, ketikkan Nama Akun yang anda kehendaki. Terserah Anda. Tapi sebaiknya, yang mudah diingat, dan berhubungan dengan blog / situs web anda
  3. Pada isian Negara Lokasi Bisnis, pilih Indonesia. Lokasi Bisnis? Ya, karena Google Analytics erat hubungannya dengan dunia bisnis
  4. Selanjutnya, scroll ke bawah. berikan tanda centang pada beberapa pilihan fitur yang berhubungan dengan pengembangan Google Analytics dan manfaatnya.
  5. Centang tanda setuju untuk menandai Anda setuju dengan aturan dan kebijakan pembuatan Akun Google Analytics.
  6. Akhiri langkah-langkah Cara Membuat Akun Google Analytics dengan Klik Simpan.
Halaman Admin Google Analytics

Halaman Beranda Admin Google Analytics

Sampai dengan langkah ke 12 di atas, Cara Membuat Akun Google Analytics sudah selesai. Anda sudah punya Akun dan posisi anda sebagai seorang Admin.

Baca Juga :   Yoast SEO Premium 14.4 Dirilis Dengan Tambahan Fitur Baru

Admin Google Analytics

Selamat. Anda sekarang sudah menjadi seorang Admin Google Analytics. Anda sudah sudah memiliki otoritas untuk mengelola Akun sendiri. Termasuk di dalamnya adalah menambahkan properti guna mendapatkan Kode Google Analytics.

Selain sebagai Admin, posisi Anda juga sebagai Pengguna. Ya, pengguna. Sebagai Admin dan pengguna, nanti akan mendapati banyak manfaat kaitannya dengan teknis pengelolaan Google Analytics. Lalu apa bedanya antara Admin dengan pengguna?

Salah satunya adalah: seorang Admin Google Analytics bisa menambahkan beberapa properti (baca: blog, situs web) ke dalam Google Analytics. Tidak demikian halnya dengan posisi sebagai pengguna. Silakan baca artikel lanjutannya >> Cara Mendapatkan Kode Google AnalyticsBaca juga artikel menarik ini > Cara membuat akun dan Install Google Tag Manager

Last but not least, demikian artikel blog tips & tool Cara Membuat Akun Google Analytics. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment