Blog Tips & ToolsEsai Digital

Cara Setting Google Analytics 4 (GA4) Ke Site Kit

Apa itu Google Analytics 4 (GA4)? Bagaimana cara setting Google Analytics 4 Ke Site Kit. GA4 adalah versi baru Google Analytics diperkenalkan pada Oktober 2020. Ini menjembatani kesenjangan antara analisis web dan seluler dan membutuhkan jenis properti baru yang sebelumnya dikenal sebagai properti Web + Aplikasi untuk mencatat data.

Bagaimana cara Cara Setting Google Analytics 4 (GA4) Ke Site Kit? berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan sudah memiliki akun GA > Cara Membuat Akun Google Analytics
  2. Pastikan Plugin Site Kit sudah terinstal
  3. Login ke Akun Googel Analytics
  4. Klik Admin di Panel Bar bagian bawah
  5. Pilih Properti (Akun Situs, Blog yang sudah terhubung dalam Akun Googel Analytics) yang akan disetting GA4
  6. Klik GA4 Setup Assistent untuk melanjutkan Setting GA4
  7. Setelah pesan “I want to create a new Google Analytics 4 property”, Klik Mulai
  8. Pada Kotak Dialog Buat properti Google Analytics 4 baru, Klik Buat Properti. Sampai di sini akan muncul pesan Google Analytics 4 Property Setup Assistant Terhubung. Anda telah berhasil menghubungkan properti Anda. Properti yang Terhubung, dan Anda dapat memutuskan hubungan properti kapan saja.
  9. Akhiri Cara Setting GA dengan Klik Lihat Properti GA4 Anda
  10. Cara Setting Google Analytics 4 (GA4) Ke Site Kit selesai.

Klik > Pelajari properti GA 4 lebih lanjut jika ingin mengetahui GA4 lebih lengkap. GA4, setidaknya, beberapa bulan lagi untuk menjadi platform Google Analytics default. Tapi itu akan sampai di sana pada akhirnya. Sekaranglah waktunya untuk mulai mempelajari lebih lanjut tentang GA4 — dan mengumpulkan data yang Anda perlukan untuk membuat perbandingan dari tahun ke tahun di masa mendatang.

Yang Baru dari Google Analytics 4

Setelah sukses melakukan setting Google Analytics 4, segera Google memberitahu lewat email. Intinya, proses setting dianggap sukses. Properti (blog/situs) sudah terhubung dengan GA4. Tugas kita untuk melakukan sinkronisasi sesaui dengan kebutuhan

Lalu, Apa yang baru dari Google Analytics 4? Analytics generasi berikutnya ini akan membawa analisis digital Anda ke tingkatan baru, kata Google.

  1. Google Analytics 4 dibuat dengan machine learning sebagai inti penggeraknya, sehingga bisa otomatis memperoleh analisis dari data Anda yang dapat digunakan untuk menyempurnakan pemasaran Anda.
  2. Versi baru Google Analytics 4 ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang keseluruhan siklus proses pelanggan, dari akuisisi hingga retensi, dengan menggabungkan data di seluruh aplikasi dan web dalam skala besar.
  3. Ke depannya, versi baru dari Google Analytics 4 ini akan berfungsi dengan atau tanpa cookie atau ID sehingga Anda dapat mempelajari pelanggan meski data Anda tidak lengkap.

Jika kita sudah terhubung dengan Google Analytics 4, segera lakukan penyesuaian berhubungan dengan properti (blog/situs) yang kita miliki. Siapa tahu, ke depan, akan memberi manfaat untuk perkembangan blog/situs kita.

Lalu, bagaimana untuk mulai menggunakan Analytics baru? Bersambung ke Cara Memulai Menggunakan Google Analytics 4 (GA4)

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Terima kasih sudah singgah. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button