Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Cara Membuat Akun dan Install Google Tag Manager

Bagaimana Membuat Akun dan Install Google Tag Manager? Artikel esai digital blog tips ini sedikit mengupas tentang cara membuat akun dan cara Install Google Tag Manager.

Salah satu Google tools yang diintegrasikan ke dalam Plugin Site Kit di Blog dengan CMS WordPress adalah Google Tag Manager. Sifatnya yang terintegrasi, memudahkan kita untuk mengelola dan menyingkronkannya.

Di Site Kit Saya, sebelumnya memang tidak diinstal Tag Manager. Saya mendahulukan Install Search Console dan Google Analytics. Oleh sebab itu, ketika saya mencoba membuka Setting Tag Manager, ada peringatan demikian:

Error: We didn’t find an associated Google Tag Manager account, would you like to set it up now? If you’ve just set up an account please re-fetch your account to sync it with Site Kit

Peringatan tersebut menunjukkan bahwa Google belum menemukan akun Tag Manager. Ia menghendaki agar kita membuat akun Tag Manager terlebih dahulu. Nantinya, Site Kit akan menyingkronkan secara otomatis di Website. Namun kita harus melakukan re-fetch terlebih dahulu setelah proses Install Google tag Manager selesai

Cara Membuat Akun Google Tag Manager

Berikut ini sekilas tentang Cara Membuat Akun Google Tag Manager

  1. Login ke Google Tag Manager (gunakan email utama. Email Ini juga dipakai jika anda masuk melalui plugin Site Kit)
  2. Creat Account. Anda sekarang berada di Halaman Admin Google Tag Manager.
  3. Lengkapi data yang harus dimasukkan, termasuk;
  4. Isikan Nama Akun Tag Manager
  5. Pilih Nama Country/Negara
  6. Centang “Share data anonymously with Google and others” (Arahkan Mouse ke Tanda Tanya untuk mengetahui apa maksud dari isian ini)
  7. Isikan nama domain blog / situs web pada Container Name, misal “www.namadomain.com”, tanpa tanda petik
  8. Pada isian Target Plat Form Pilih / Klik “For use on desktop and mobile web pages”
  9. Akhiri dengan Klik Create
  10. Di langkah ke 9, Akun Googla Tag Manager Anda sudah siap.
Baca Juga :   Silaturahmi Digital Virtual yang Fenomenal

Kebijakan dan Layanan Tag Manager

Namun sebelum bisa menjalankan dan mengaktifkaan Akun Tag Manager, Anda akan dibawa masuk ke hHalaman “Google Tag Manager Terms of Service Agreement”.

Halaman ini berisi beberapa ketentuan Kebijakan dan Layanan. Pada pilihan drop down Bahasa, hanya tersedia Inggris, Spanyol, Posrtugis dan Perancis untuk menampilkan isi dari TOS Agreement.

Baiknya, dipahami dulu isinya. Karena itu sudah menjadi platform resmi Google sehingga siapapun yang akan menggunakan Tag Manager, harus menyetujui Kebijakan dan Layanan yang sudah ditentukan. Terutama adalah ketentuan penggunaan tag dari 3th party di luar Google Tag.

Langkah selanjutnya adalah Klik YES. Google akan menyimpan data akun, lalu menyediakan script Google Tag Manager untuk diinstall di website Anda. Bagaimana cara Install Google Tag Manager?

Cara Install Google Tag Manager

Saya asumsikan anda masih di Halaman Kebijakan dan Layanan Google Tag Manager. Dari sana, cara Install Google Tag Manager akan lebih mudah dilakukan. Berikut langkah cara  Install Tag Manager:

Baca Juga :   Cara Menghapus Sitemap.xml Yang Lama. Bisa dan Berhasil

Saat Anda Klik Yes di Halaman Kebijakan dan Layanan, Google memberi dua script. Ada Script Google Tag Manager untuk dicopy lalu dipaste ke <head> website. Ada juga Script Google Tag Manager untuk dicopy lalu dipaste ke <body> website.

Langkah anda selanjutnya adalah:

  1. Lihat Kode yang diberikan Google. Kode diawali dengan tiga huruf: “GTM” dalam script lengkap
  2. Copy dan paste kedua script tersebut, satu per satu sesuai tempatnya. Satu di <head> dan satunya lagi di <body>. Lalu simpan di website Anda
  3. Jika sudah tersimpan di web site, silakan kembali ke halaman Script yang diberikan Google, lalu klik OK
  4. Sampai dengan langkah ke tiga di atas, cara Install Google Tag Manager hampir selesai.
  5. Kembali ke Site Kit di blog WordPress anda, lalu pada halaman Connect Service Tag manager di Site Kit Anda, Klik Re-fetch Account
  6. Sampai di sini cara Install Google Tag Manager selesai

Setelah selesai Install Google Tag Manager, jangan lupa buka email notifikasi aktivasi Tag Manager. Dari sana kita bisa belajar banyak tentang apa itu Google Tag Manager.

Baca Juga :   Mobile-First Indexing Blog Website Akan Diterapkan Google

Jika website atau blog Anda menggunakan platform Accelerated Mobile Page (AMP), silakan disesuaikan. Ikuti langkah yang diberikan oleh Google. Artikel ini > Cara Instal Accelerated Mobile Page Menggunakan AMP Plugin menjelaskan bagaimana penggunaan AMP Plugin di Blog WordPress.

Demikian artikel singkat esai digital blog tips ini sedikit mengupas tentang cara membuat akun dan cara Install Google Tag Manager. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment