Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Antara Google, Blog dan Blogger, Apa Hubungannya?

Hubungan seperti apa antara Google, Blog dan Blogger yang bisa dijelaskan ? Setiap Blogger membutuhkan Google. Banyak Blogger menulis tentang Google. Sementara Google menyediakan layanan untuk Blogger dalam membangun dan mengembangkan Blog.

Orang yang berkecimpung di dunia blogging, hampir bisa dikatakan tahu semua tentang hubungan antara Google, Blog dan Blogger. Ketiganya — Google, Blog dan Blogger– adalah merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dikatakan tak terpisahkan, karena aktivitas ngeblog sekurang-kurangnya ada dalam ketiga lingkaran tersebut.

Blogger Membutuhkan Layanan Google

Hubungan seperti apa antara Google, Blog dan Blogger yang bisa jelaskan ? Pertama, setiap Blogger membutuhkan layanan Google. Banyak tidaknya layanan yang dimanfaatkan, tergantung kebutuhan blogger sendiri. Setiap Blogger minimal memiliki Akun Gmail, karena itu merupakan syarat dan ketentuan dari Google. Dari satu akun ini, bisa digunakan untuk memanfaatkan layanan lain yang disediakan Google.

Blogger terbiasa mengelola blog dengan memanfaatkan layanan Webmaster Tools-Console. Tidak peduli layanan CMS nya pakai Blogspot, Drupal, Joomla ataupun WordPress. Secara disadari atau tidak, saat mengoperasikan Webmaster Console, hubungan antara Google, Blog dan Blogger terjadi. Sesering apa? Juga tergantung Blogger dalam mengoperasikannya.

Baca Juga :   Yoast SEO Premium 14.4 Dirilis Dengan Tambahan Fitur Baru

Verifikasi Kepemilikan Blog

Kedua, Google perlu meyakinkan bahwa sebuah Blog adalah milik seorang Blogger. Ya, anda sendiri tentunya. Oleh sebab itu, diperlukan verifikasi situs atau blog. Ini semacam “alat pengikat” hubungan antara Google, Blog dan Blogger. Agar blog bisa terhubung, terverifikasi dan bisa menggunakan layanan Google Blog Tips Tools lainnya, sebuah blog harus terverifikasi kepemilikannya.

Apa yang dimaksud dengan verifikasi Blog? Verifikasi blog adalah proses pembuktian bahwa Anda adalah pemilik blog yang diklaim sebagai milik Anda. Google perlu mengonfirmasi kepemilikan karena setelah diverifikasi sebagai pemilik properti. Anda sebagai Blogger dan pemilik Blog akan memiliki akses ke data properti tersebut di Google Penelusuran. Dengan terverifikasi,  akan memengaruhi keberadaan Blog di Google Penelusuran.

Ketiga, dengan menyediakan Mesin Pencari Utama, Penelusuran, Google menjadi rujukan utama bagi Blogger kaitannya dengan layanan Search Engine Results Position (SERP). Di sini, hubungan Google, Blog dan Blogger bisa dijelaskan kaitannya dengan SEO, Search Engine Optimization. Jika ada Blogger yang tidak peduli dengan teknik SEO, tentu itu pengecualian.

Baca Juga :   Apa itu Orphaned Content?

Banyak Blogger yang acuh tak acuh dengan SEO. Tidak sedikit yang tak henti belajar teknik SEO. Tidak kurang juga Blogger yang menekuni teknik SEO sehingga menjadi pilihan motivasi ngeblog nya. Memanfaatkan jasa layanan SEO Google yang menjadi keahliannya, untuk dibagi hingga dijual kepada blogger lain.

Di sini, bukan hanya Google yang memberi manfaat kepada Blogger, tapi, Blogger juga mengambil manfaat dari Google untuk kepentingan mengembangkan Blog. Sebuah hubungan yang harmonis tentunya.

Menulis Artikel tentang Google

Hubungan antara Google, Blog dan Blogger yang bisa jelaskan lebih lanjut. Aktivitas ngeblog adalah menulis. Prosentase menulis lebih banyak dalam blogging. Selebihnya, varian lain. Bagi Blogger, menulis artikel tentang Google di Halaman Blog masing-masing sepertinya bersifat naluriah.

Blogger secara naluriah terpanggil untuk menuliskan banyak hal tentang Google. Tidak sedikit blogger yang memilih micro-articles dengan menyediakan artikel-artikel khusus tentang review, tips, how to, berkaitan dengan semua jenis layanan Google. Dan hampir semua Blogger pernah menulis artikel review satu atau lebih tentang layanan Google di blog masing-masing.

Baca Juga :   Plugin Yoast SEO Semakin Mengenali Bahasa Indonesia

Saya sendiri pernah menulis artikel blog tips tentang Google tools seperti: Google Site Kit WordPress, Artikel Blog di Google Berita, Cara Membuat Akun Google Analytics, Cara Membuat Akun dan Install Google Tag Manager, dan beberapa artikel Google lainnya.

Bukankah Google sendiri sudah menyediakan banyak sekali artikel yang menjelaskan seluruh layananya? Iya. Bahkan masing-masing Blogger menulis artikel di blog setiap hari tentang banyak topik layanan Google yang sama dengan variasi tulisan yang berbeda?

Lalu apa manfaat menulis artikel tentang Google? Satu hal yang pasti. Manfaatnya adalah: menjalin hubungan yang baik antara Google, Blog dan Blogger. Dengan Google menyediakan layanan mengembangkan Blog, sudah cukup baik kepada kita sebagai Blogger pemilik Blog, bukan?

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment