About Us

Profil Kami. Blog “kangnawar.net” adalah media ekspresi kepenulisan. Saya, Kang Nawar alias Munawar A.M. adalah admin, penulis atau author di blog artikel opini, blog artikel review dan blog artikel esai ini.

Di blog ini ditulis beberapa jenis artikel. Yaitu artikel Opini, artikel Review dan artikel Esai. Semua artikel ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia. Kecuali jika diperlukan, ditulis menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia.

Tujuan membuat blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan. Banyak pengetahuan yang dibagikan tentunya, dan itu diuraikan melalui tulisan. Baik tulisan yang panjang, yang pendek atau sebatas catatan ringan.

Aktivitas ngeblog, blogging sendiri tidak pernah lepas dari aktivitas menulis. Karena ngeblog hakikatnya adalah menulis. Menuliskan banyak hal dari sudut pandang seorang penulis. Menulis artikel yang efektif di blog bisa mengasah ketrampilan lebih dari sekadar tips menulis.

Blog Artikel Opini Review Esai

Di era sekarang ini, saat semua serba dijalani dengan teknologi digital, banyak sekali orang yang menjalani aktivitas blogging. Karena motivasi ngeblog itu sendiri banyak sekali. Salah satunya adalah menyalurkan minat dan bakat menulis.

Dalam hal menulis, jenis non-fiksi merupakan pilihan Saya. Dan jika menurut frame kepenulisan ada 4 (empat) jenis –eksposisif, persuasif, naratif dan deskriptif– maka lebih dominan memilih menulis dengan jenis yang naratif dan deskriptif. Itu karena media penulisannya ada di blog, dengan kekuatan dan kelemahannya.

Menulis Artikel Opini

Blog Artikel Opini. Kami menulis artikel Opini tentang Agama-agama, kehidupan beragama dan fenomena keagamaan secara khusus maupun secara umum. Selain itu, Kami juga menyajikan tulisan artikel opini tentang Agama Islam. Dan hal-hal yang berhubungan dengan fenomena keagamaan Islam dalam masyarakat.

Beberapa tema kehidupan juga dicoba disajikan di situs web “kangnawar.net” ini. Di antaranya tulisan opini tentang pendidikan baik agama maupun umum, opini politik dan demokrasi, opini tentang sosial ekonomi, dan opini tentang tradisi budaya.

Artikel opini tentang fenomena dan perkembangan media sosial juga disajikan. Ini karena Kami tertarik dengan literasi media, termasuk media sosial. Kita tahu, hari ini peran media sosial sangat dominan ikut membentuk budaya digital (digital culture) dalam masyarakat.

Menulis Artikel Review

Blog Artikel Review. Review atau ulasan adalah jenis tulisan yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Mereka menuliskan review tentang banyak hal. Yang minatnya tinggi dengan teknologi digital, menulis review dengan topik perkembangan teknologi dan fenomena masyarakat digital.

Yang Kami lakukan di sini juga menulis artikel review. Kami fokuskan pada review yang bersifat umum. Namun, jika ada permintaan, bisa saja Kami menulis review secara khusus berdasarkan kategori tulisan yang ada. Tulisan tersebut, bisa dimuat di blog ini. Atau di situs web lain.

Bagi Kami, tidak tertutup kemungkinan untuk menjadi media layanan review atau ulasan tentang produk sebuah bisnis dan usaha. Ulasan produk bisnis atau usaha yang ditulis erat hubungannya dengan promosi produk yang dijual secara langsung oleh Kami di blog “kangnawar.net”. Atau produk usaha yang dijual oleh orang lain.

Salah satu jenis artikel review adalah ulasan atau resensi buku. Sebagai blogger, Kami menyadari bahwa referensi digital semakin banyak dan mudah ditemukan. Meski demikian, peran buku masih sangat penting. Produksi buku juga tidak berhenti. Resensi buku Kami pilih, semata untuk ikut mempertahankan pentingnya dunia perbukuan.

Menulis Artikel Esai

Blog Artikel Esai. Selain menulis artikel opini dan review, Kami juga menulis dengan jenis tulisan esai. Namun kami akui, bahwa menulis kategori esai ini, juga opini dan review, tidak menggunakan kaidah menulis ilmiah secara utuh.

Mengapa? Karena blog bukan media ilmiah. Blog juga bukan media yang layak dituntut untuk dipaksa menjadi sama dengan Jurnal online, misalnya. Demikian juga yang kami terapkan, menulis artikel esai juga tidak sepenuhnya dengan memenuhi kaidah ilmiah.

Artikel Esai Islami. Tulisan esai yang pertama adalah Artikel Esai Islami. Dari Agama Islam, sisi Islami banyak hal yang bisa dieksplorasi. Tidak semata tentang aqidah dan syariah, fiqih dan tasawuf. Kisah-kisah keislaman juga layak untuk ditulis. Di sini, beberapa di antaranya kami sajikan dalam bentuk esai.

Selain esai Islami, Kami berusaha untuk menyajikan Artikel Esai Digital, yaitu esai tentang fenomena kultur digital. Ngeblog, blogging sendiri bagian dari budaya digital. Kami menulis seputar tips dan tools tentang blog dan blogging. Juga berbagi tulisan artikel tentang platform blogging seperti Google Tools dan Plugin WordPress.

Di blog “kangnawar.net” Kami juga menulis artikel tentang gaya hidup, lifestyle, yang menjadi fenomena dalam kultur digital. Jenis gaya hidup digital dalam perkembangannya sangat menarik untuk dicermati dan dikritisi.

Penulis/Author: Kang Nawar alias Munawar A.M.

Profil Penulis/Author. Saya, Kang Nawar alias Munawar A.M. adalah seorang penulis lepas, freelance writer. Dikatakan demikian karena Saya tidak ada satupun ikatan resmi dengan perusahaan berorientasi profit di bidang kepenulisan.

Saya bukan seorang wartawan. Bukan seorang Redaktur media massa. Saya menulis dengan kemauan dan kemampuan sendiri. Dengan kesempatan, waktu, biaya dan alat pendukung ekspresi menulis lainnya, juga milik sendiri. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media massa (koran).

Saya pernah mengambil study di jurusan Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Suatu study yang meletakkan pondasi, mindset dan praksis keberagamaan yang sangat cocok dengan kondisi bangsa Indonesia. Yaitu bangsa yang multi-agama dan juga multikultur (tradisi, bahasa, kearifan, dll). Mindset itu, sedikit banyak mempengaruhi karakter dan pesan dari tulisan Saya.

Saat ini masih aktif dan berkhidmat di organisasi sosial keagamaan Islam, Nahdlatul Ulama (NU), Cabang Cilacap sebagai Wakil Sekretaris (2012-2017, 2018-2023). Di Organisasi ini ikut mengelola Situs Islam Aswaja. NU, sebuah organisasi yang memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi dalam merawat kehidupan yang bhinneka/majemuk di negara Republik Indonesia, dengan ciri masyarakatnya yang multikultural.

Kang Nawar, tinggal di desa Dondong Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, bersama isteri, Hj. Aminatuz Zuhriyyah dan 3 (tiga) orang anak: Ulil Albab Fadhlillah, Muhammad Raushan Fiekron, Fatma Chaura Luthfana.

Personal Blog kangnawar.net

Personal blog “kangnawar.net” ini menggunakan layanan jasa Unlimited Web Hosting. Memilih unlimited bukan tanpa alasan. Dan alasan utamanya adalah bebas memakai hosting tanpa beban tiba-tiba kehabisan bandwidth.

Saya memilih sebuah perusahaan Unlimited Web Hosting yang bergerak di bidang layanan Internet yang sudah dipercaya oleh ribuan pelanggan. Jika anda membutuhkan, Saya merekomendasikan untuk menggunakan jasa mereka. Klik DI SINI untuk bergabung.

About UsHalaman About Us ini, berkaitan dengan halaman Kebijakan dan Privasi, halaman Terms of Services dan halaman Disclaimer.

Untuk anda yang sudah membaca Kami sampaikan terima kasih. Berkenan kiranya untuk datang kembali di lain waktu. Untuk membaca dan mencari manfaat di blog ini.

Sekiranya ada yang harus dikomunikasikan lewat surat elektronik (email), jangan segan mengirimkannya lewat halaman Contact Us.

Salam,

Kang Nawar aka., Munawar A.M.