Blog Tips & ToolsEsai Digital

Alasan Mengapa Judul Hasil Pencarian Mungkin Berbeda

Mengapa judul hasil pencarian mungkin berbeda dari tag <title> Judul Situs/Blog? Apapa alasan Google dengan memunculkan hasil yang berbeda?

Kadang saya iseng untuk melakukan pencarian dengan kata “Kang Nawar” (nama panggilan saya sendiri). Ya, sebatas iseng. Namun belakangan muncul di hasil pencarian. Anehnya, ia menggantikan Judul Blog ini; Blog Artikel Opini dst….. Ini yang saya sebut judul hasil bencarian berbeda. Sudah pernah saya tulis di sini > Judul Hasil Pencarian Berbeda Dengan Judul Halaman, Mengapa?

Semula saya mengira ia akan diarahkan ke sebuah posting tertentu, dengan judul yang mirip; ke sini > Kang Nawar dan Tentang Panggilan Kang misalnya. Atau seperti biasa; ke akun-akun media sosial yang memang miliki kriteria kesamaan nama. Namun, ternyata tidak demikian.

Mengapa Judul Hasil Pencarian Google Mungkin Berbeda

Apakah Google memberikan hasil pencarian yang berbeda? Ada yang menyatakan; jawaban sederhananya adalah tidak. Hasil pencarian Google berbeda di komputer yang berbeda. … Google berusaha memberikan hasil terbaik untuk pengguna individu. Ini berarti bahwa mereka ingin dan mengharapkan hasil pencarian yang berbeda dari banyak orang, dan orang yang mencari di sebuah alamat yang sama, misalnya,  mungkin akan melihat hasil pencarian yang berbeda.

Lalu, apakah beda perangkat menjadi faktor penentu untuk hasil pencarian. Menurut jawaban di atas, Iya. Jika dibuktikan dengan perangkat yang berbeda, tapi dengan alamat IP yang berbeda dalam satu jaringan? Jawabannya masih, Iya. Mungkin akan berbeda meski dengan perangkat yang berbeda, dan dengan koneksi internet yang berbeda pula.

Memahami Jawaban Google

Jika kami (Google) mendeteksi bahwa hasil tertentu memiliki salah satu masalah di atas dengan judulnya, kami dapat mencoba membuat judul yang lebih baik dari jangkar, teks pada halaman, atau sumber lain.

Namun, terkadang bahkan halaman dengan judul yang dirumuskan dengan baik, ringkas, dan deskriptif akan berakhir dengan judul yang berbeda dalam hasil penelusuran kami untuk menunjukkan relevansinya dengan kueri dengan lebih baik. Ada alasan sederhana untuk ini: tag judul yang ditentukan oleh pemilik situs web terbatas pada status statis, tetap apa pun kuerinya.

Saat kami mengetahui kueri pengguna, kami sering kali dapat menemukan teks alternatif dari halaman yang menjelaskan dengan lebih baik mengapa hasil tersebut relevan. Menggunakan teks alternatif ini sebagai judul membantu pengguna, dan juga dapat membantu situs Anda. Pengguna memindai istilah kueri mereka atau tanda relevansi lain dalam hasil, dan judul yang disesuaikan untuk kueri tersebut dapat meningkatkan peluang mereka untuk mengklik.

Jika Anda melihat halaman Anda muncul di hasil pencarian dengan judul yang dimodifikasi, periksa apakah judul Anda memiliki salah satu masalah yang dijelaskan di atas. Jika tidak, pertimbangkan apakah judul alternatif lebih cocok untuk kueri.

Dari jawaban Google, bisa dicari benang merah jawabannya mengapa judul hasil pencarian mungkin berbeda.

  1. Hasil pencarian sangat tergatung pada kueri pengguna dan relevansi jawaban yang dikoleksi Google, termasuk yang dikoleksi dari situs-situs media sosial;
  2. Judul Halaman Blog/Situs, bersifat statis sebagaimana dijadikan Tag oleh masing-masing pemilik blog/situs. Sifatnya yang statis ternyata menimbulkan potensi hasi pencarian yang statis pula.
  3. Sifat Statis judul halaman (depan, front page) tidak serta merta menunjukkan relevansi untuk sebuah jawaban, apalagi jika tidak didistribusikan secara descriptif di banyak halaman lain (halaman posting artikel). Oleh karenanya, Google akan menentukan “pilihan”nya sendiri untuk sebuah jawaban
  4. Kemiripan nama seperti nama domain website dengan nama organisasi atau perusahaan, memungkinkan dikoleksi Google untuk banyak variasi jawaban yang relevan untuk permintaan sebuah kueri. Apalagi jika perusahaan atau organisasi tersebut sudah terindex di Google Business.
  5. Keterhubungan sebuah akun yang dikoleksi Google –dalam bentuk Satu Akun untuk seluruh Layanan Google–menunjukkan semakin banyaknya peluang jawaban hasil pencarian akan muncul di halaman yang berbeda-beda

Untuk alasan ini, alasan mengapa judul hasil pencarian mungkin berbeda dan tidak mengarah pada hal yang kita maui, Google sudah menjawabnya. Mungkin ini bagian dari skema Rich Results yang dibangun oleh Google. Karena memang raksasa mesin pencari ini memiliki banyak kategori untuk hasil sebuah pencarian atau penelusuran.

Demikian semoga bermanfaat.

Show More

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Terima kasih sudah singgah. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button