Blog Tips & ToolsEsai Digital

Verifikasi Identitas GA, Solusi Yang Tak Terpecahkan

Mengapa Verifikasi Identitas Google Adsense Tak Terpecahkan? Ia menjadi masalah pelik publisher yang tak terpecahkan, baik sangka saya Google akan memberi penjelasan terkini untuk mengatasi masalah tersebut, namun, verifikasi identias untuk Google Adsense ternyata tak terpecahkan juga, Adakah solusi ?

Sejak mempublikasikan artike ini >> Gagal Verifikasi Identitas Google Adsense, yang berarti sudah 4 bulan berjalan — setidaknya sejak 24 Desember 2020 lalu, sampai saat ini, 23 April 2021, dalam kesabaran yang cukup, juga penasaran yang tinggi, plus harapan untuk terpecahkan– masalah verifikasi identitas Google Adsense tidak selesai juga.

Mengapa Verifikasi Identitas Google Adsense Tak Terpecahkan? Alasan umum bisa diketahui;

  1. Publisher Adsense yang tidak teliti dalam memahami alur dan langkah verifikasi identitas;
  2. Identitas yang dibutuhkan Google Adsense tidak menenuhi kriteria yang ditetapkan;
  3. Google Adsense menyediakan langkah praktis mengatasi masalah verifikasi identitas?

Alasan pertama, point nya ada pada kesempatan upload identitas. Saat pertama mengunggah identitas, tidak terbayang bahwa Google menyediakan 3 langkah upload identitas. Saya sendiri tidak cukup teliti bahwa hal itu disediakan oleh Google. Pada upload pertama mengalami kegagagalan, langsung diuplod kembali, gagal lagi, kembali upload dan ketiga kalinya mengalami kegagalan.

Jika mengalami hal yang sama seperti di atas, sebaiknya jangan langsung uplod untuk kedua kalinya, atau bahkan ke tiga kalinya. Dan ini yang saya katakan Verifikasi Identitas Google Adsense, tak terpecahkan. Saran, teliti dulu apa penyebab gagal verifikasi identitas di langkah unggahan yang pertama kali.

Alasan kedua, ini kasus yang saya alami; tiga kali unggah identitas berupa KTP, point kegagalannya ada di status KTP yang sudah kadaluarsa, sudah tidak berlaku lagi. Gagal Verifikasi Identitas Google Adsense bisa dipastikan akibat identitas yang sudah tidak berlaku lagi. Tidaka terfikir sebelumnya, dan ini lebih pada kekurangtelitian yang bersifat personal.

Selain itu, Google memang mensyaratkan beberapa kriteria hubungannya dengan dokumen gambar identias yang diupload adalah gambar dokumen dan bukan yang lainnya; dapat dibaca; berwarna, bukan hitam putih; tidak buram, ada pantulan cahaya, atau redup; dan menampilkan seluruh bagian dokumen termasuk keempat sudutnya. Itulah identitas yang dibutuhkan Google Adsense, yang harus menenuhi kriteria yang ditetapkan.

Alasan ketiga, bagi Saya sendiri, Google Adsense rasanya memang tidak cukup bukti dalam menyediakan langkah praktis mengatasi masalah verifikasi identitas. Konon dulu pernah ada media banding, namun hari ini sudah tidak ada lagi. Bersyukurlah jika sempat memanfaatkan media banding dan dinyatakan terverifikasi identitasnya.

Menimbang saran Google dalam mengatasi masalah verifikasi, dinyatakan : jika Anda menerima email atau mendapatkan pesan error saat login ke pusat pembayaran Google, ikuti petunjuk dalam pesan untuk menyelesaikan masalah. Setelah meninjau informasi Anda, kami akan menghubungi Anda.

Lalu bagaimana Jika Verifikasi gagal; Jika verifikasi gagal, Anda akan menerima email segera setelah keputusan diambil. Untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut, ikuti petunjuk yang tercantum di email. Untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut, hubungi kami.

Bagaimana dengan saat ini? Ribuan publisher menanyakan hal itu, namun tidak ada jawaban. Halaman Kontak untuk mengatasi masalah ini juga sudah tidak disediakan, halaman Adsense Help juga diarahkan ke Halaman Komunitas, yang sepertinya juga tidak memecahkan masalah. Justeru berisi ribuan keluhan yang sama.

Ada bebeapa video tutorial yang mencoba menawarkan solusi. Ada juga yang mencoba meyakinkan, dengan cara membayar untuk mengatasi, alias berbayar. Untuk hal itu, saya tidak memilihnya. Ada juga video yang mencoba merasionalisasikan bahwa persoalan kegagalan dalam memverifikasi identitas tidak perlu dilanjutkan. Mereka malah menyarankan untuk membuat akun adsense yang sama sekali baru; dengan beberapa ketentuan di antaranya; akun yang baru tidak terhubung dengan akun yang lama, termasuk email dan nomor telepon.

Last but not least, bagi saya, juga mungkin sebagian dari anda; masalah verifikasi identitas Google Adsense memang tidak akan terpecahkan, selamanya; jika di awal sudah melampaui batas ketentuan atau dianggapp sudah melanggar kebijakan yang ditetapkan. Adakah solusinya? Membuat akun Adsense yang baru, mengaktifkan dan menunggu respon Google sampai verifikasi tahap awal sukses. Demikian semoga bermanfaat.

Update:

Per 24 Mei 2021, Verifikasi Identitas Google Adsense untuk akun Saya, sukses dan diterima oleh Google.

 

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Terima kasih sudah singgah. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Related Articles

2 Comments

  1. Halo, Kang. Numpang nanya. Verifikasi yang berhasil di tanggal 24 Mei 2021 itu untuk akun adsense yang baru? Atau akun lama yang sudah pernah gagal berkali2?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button