Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Menulis Artikel yang Efektif di Blog Setiap Hari

Bagaimana cara menulis yang efektif di blog agar tulisan artikel bisa diterbitkan setiap hari? Menulis adalah merangkai huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, paragraf menjadi artikel. Menulis yang banyak. Pilih yang terbaik untuk diterbitkan di halaman blog.

Di bulan Juni 2020 kemarin, Saya bisa menulis tidak kurang dari 29 artikel di blog artikel opini ini. Jumlah yang bisa dibilang fantastis. Karena berarti bahwa saya telah menulis artikel setiap hari, satu artikel. Dan menerbitkannya di blog ini.

Bagaimana cara menulis artikel di blog setiap hari? Mengapa bisa? Apa saja kiat dan langkah-langkah nya? Seperti apa pula kualitas tulisan atau artikel nya?

Untuk pertanyaan terakhir bisa ditemukan jawabannya di artikel-artikel yang sudah saya terbitkan di sini. Silakan anda menilai sendiri. Bisa dilihat per tulisan, per tanggal artikel dipublikasikan. Saya juga butuh masukan dari para pembaca semuanya.

Bagi Saya, menulis artikel, termasuk menulis artikel tentang Google, bisa dilakukan setiap saat, di setiap hari nya. Saya bisa menulis lebih dari 3 buah artikel setiap hari, dengan minimal panjang 300 kata. Saya memedomani minimum artikel 300 kata. Maksimal, tidak terbatas.

Konon, itu menjadi salah satu pertimbangan mesin pencari Google ketika merayapi / meng-crawl sebuah artikel di blog. Kurang dari 300 kata, bisa dianggap belum memenuhi standar sebuah artikel. Benar tidaknya, saya tidak tahu persis.

Baca Juga :   Antara Google, Blog dan Blogger, Apa Hubungannya?

Yang pasti, salah satu Site Audit Tool yang pernah saya coba, bisa melacak jenis artikel di blog ini. Salah satunya dianggapnya tidak SERP-Friendly, tidak Google-Mobile Friendly. Mengapa?  Karena jumlah kata nya terlalu pendek. Kurang dari 300 kata.

Sebenarnya jumlah 300 kata bukan merupakan hal yang sulit untuk dituliskan. Jika sebuah artikel ditulis, antara 300 sampai dengan 500 kata, itu tidak membutuhkan banyak waktu.

Cara menulis yang efektif

Apa saja tips dan bagaimana cara menulis artikel yang efektif?

[1] Menulis yang efektif disiapkan sebagai Konsep

Dengan target hasil tulisan artikel sebagai konsep, kita akan mendapatkan beberapa tulisan dalam sehari. Sebagai konsep, tulisan bisa berupa sebuah judul dengan beberapa paragraf pembuka. Bagi saya, ini merupakan tips cara menulis yang efektif yang pertama. Artikel yang ditulis terutama dikumpulkan terlebih dahulu. Dengan begitu, kita bisa menyiapkan lebih dari satu artikel, setiap harinya.

[2] Tulisan tidak langsung untuk diterbitkan

Perlu ditegaskan di sini; bahwa artikel yang saya tulis, tidak otomatis langsung saya terbitkan di blog. Bagi Saya sendiri, ini menjadi prinsip: bahwa menulis artikel tidak untuk diterbitkan di blog saat itu juga. Atau sesaat setelah selesai menulis artikel.

Baca Juga :   Cara Membuat Akun dan Install Google Tag Manager

[3] Tulis satu, dua atau tiga artikel

Artikel yang disimpan, tidak diterbitkan, bisa menjadi artikel cadangan untuk ditulis ulang dan disempurnakan di hari berikutnya. Tersedianya banyak konsep tulisan artikel merupakan tips cara menulis yang efektif yang ketiga. Cara menulis yang efektif; tulis tiga atau dua artikel setiap hari. Pilih salah satu nya yang disiapkan untuk diterbitkan di blog. Yang tidak langsung diterbitkan, disimpan dulu sebagai konsep.

[4] Pilih Topik Tulisan yang Terfokus

Tips  menulis yang efektif keempat adalah memilih topik yang terfokus. Tidak menulis artikel, di luar yang sudah ditetapkan sesuai kategori-kategori di blog. Ini membantu melatih diri untuk fokus pada jenis artikel apa yang kita kehendaki. Juga melatih fokus pada pelacakan sumber referensi pendukung penulisan artikel.

[5] Tidak menulis artikel Viral

Tips  menulis yang efektif  kelima adalah, tidak memaksakan untuk menulis artikel tentang hal yang sedang viral. Juga tidak mengejar berita aktual. Sebagai blogger sebenarnya kita bebas memilih; mau ikut menulis hal yang sedang viral atau tidak, itu tergantung fokus kita.

Sesekali mungkin perlu. Tapi sebaiknya tidak menjadi platform utama. Kembalikan ke fokus sesuai kategori blog. Yang viral, aktual dan hangat, biar menjadi domain portal-portal berita. Jika hendak konsisten mengejar yang aktual dan viral, tidak perlu menulis artikel di blog setiap hari. Tapi, sekalian menjadi pelaku jurnalistik berbasis situs web berita online.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menampilkan Artikel Blog di Google News ?

[6] Batasi Jumlah Kata dalam Artikel

Membatasi jumlah kata merupakan cara menulis yang efektif keenam. Jumlah kata untuk satu tulisan sebaiknya tidak lebih dari 1.000 kata. Tapi tidak kurang dari 300 kata. Membatasi jumlah kata berpeluang melahirkan sub-topik sebuah artikel. Artinya, sub-topik bisa melahirkan ide baru untuk ditulis di lain artikel.

Tiada Hari Tanpa Menulis

Ini, jika bisa menjadi komitmen untuk diri pribadi kita. Latih diri untuk mengembangkan cara menulis yang efektif dengan memegang komitmen yang kuat. Toh, komitmen itu kita buat sendiri dan untuk kita pegang sendiri. Jika mampu memegang teguh komitmen, tiada hari tanpa menulis mudah-mudahan bisa tercapai.

Menulislah setiap hari. Menulis adalah merangkai huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, paragraf menjadi artikel. Menulis yang banyak. Pilih yang terbaik untuk diterbitkan di blog.

Artikel ini layak untuk dibaca juga > Bagaimana Cara Menampilkan Artikel Blog di Google News ?

Last but not least, demikian tips cara menulis artikel yang efektif di blog setiap hari. Yuk biasakan Tiada Hari Tanpa Menulis. Ini penting untuk menjaga hubungan antara Google, Blog dan Blogger. Semoga bisa memberi dan menjadi inspirasi yang bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment