Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Mobile-First Indexing Blog Website Akan Diterapkan Google

Mobile-first indexing atau pengindeksan seluler-pertama akan diterapkan Google pada bulan September 2020 yang akan datang. Ini akan dengan sendirinya berpengaruh pada Blog atau Website. Apa arti dari mobile-first indexing ?Mobile-first indexing adalah pengindeksan atas blog atau website oleh Google dengan mendahulukan pengindeksan versi mobile, versi selular. Hasil tampilannya didahulukan untuk versi mobile result. Baru kemudian pengindeksan versi dekstop untuk hasil penampilan desktop result.

Dengan pengindeksan yang memprioritaskan situs seluler, Google lebih banyak menggunakan konten versi seluler untuk pengindeksan dan pemberian peringkat.

Sebelumnya, indeks lebih banyak menggunakan konten halaman versi desktop saat mengevaluasi relevansi halaman dengan kueri pengguna. Karena sebagian besar pengguna kini mengakses Google Penelusuran melalui perangkat seluler, ke depannya Googlebot akan lebih banyak meng-crawl dan mengindeks halaman dengan agen smartphone.

Pengaruh Mobile-First Indexing

Sebagai raksasa mesin pencari, Google memang memiliki kuasa lebih untuk memformulasikan masa depan akses pencarian di internet dan hasil yang dimunculkan. Langkah pengindeksan seluler-pertama oleh Google tersebut mau tidak mau harus diikuti oleh banyak kalangan.

Baca Juga :   Cara Menghapus Sitemap.xml Yang Lama. Bisa dan Berhasil

Kepada siapa dan apa saja pengaruh Google Mobile-First Indexing bisa dilihat dari beberapa pihak berikut ini, di antaranya;

  • pengembang content management system (CMS) seperti WordPress,
  • para pengembang plugin dan blog tools lainnya
  • pembuat dan penyedia tema atau template,
  • para pegiat coding,
  • pengembang aplikasi,
  • para pengiklan baik personal maupun perusahaan
  • perusahaan-perusahaan yang memproduksi telepon seluler.
  • Para blogger pun mau tidak mau harus mengikuti langkah Google  ini.

Saya tidak paham betul tentang CMS seperti WordPress. Tapi antara Google dan WordPress sudah berkolaborasi dalam banyak hal. Salah satunya adalah integrasi Google Site Kit-Wordpress. Sebuah plugin yang memudahkan pengguna WordPress hubungannya dengan pengoperasian beberapa Google Tools; seperti Analytics, Search Console, PageSpeed, Adsense dan Tag Manager.

Mobile-First Indexing & Rich Results Test

Jika diperhatikan, proses penyesuaian menuju Mobile-First Indexing bisa diketahui dari langkah Google. Di antaranya adalah saat dideklarasikannya Structured Data Testing Diganti Dengan Rich Results Test Tools.

Di artikel blog tools tersebut sudah dikemukakan alasan; mengapa Google mengganti Structured Data Testing Dengan Rich Results Test. Tujuannya adalah agar blog atau website memenuhi kriteria ramah seluler yang ditetapkan Google. Silakan mencoba menguji seperti apa hasil Rich Results Test untuk blog anda.

Baca Juga :   Tadarus Online, Tadarus Daring Dalam Kultur Digital

Data terstruktur yang ikut membangun konstruksi blog atau website agar memenuhi kriteria Mobile-First Indexing sepertinya tidak bisa menghindar dari Accelerated Mobile Page. Tampilan blog harus benar-benar ramah seluler, bisa dibantu dengan menginstall AMP Plugin. Antara mendahulukan blog dan website yang ramah seluler dengan yang ramah first indexing kiranya sama-sama harus diusahakan.

Data Pengguna Seluler untuk Mengakses Internet

Pengguna Mobile (Seluler) yang semakin meningkat. Tren pengguna mobile-seluler untuk mengakses internet cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Ini juga menjadi pertimbangan Google untuk memacu proses penerapan  First-Indexing.

Blog Responsif Mobile-First Indexing

Jika melihat banyak aspek penentu, maka blog yang responsif akan sangat menentukan mobile-first indexing. Responsif bukan hanya desain luar, melainkan juga responsif yang ditentukan oleh desain bagian dalam blog.

Itu sebabnya, responsivitas dari banyak hal yang menjadi penentu menjadi lebih giat dilakukan. Konten dari sebuah blog atau website yang responsif. Konten sudah sewajarnya harus menjadi lebih ramah pada seluler. Blog mobile-first indexing atau website mobile-first indexing secara keseluruhan, juga harus Google Friendly.

Seberapa responsif blog atau website kita? Ada yang memberi saran: Luangkan waktu untuk mengevaluasi versi seluler situs web Anda. Apakah desain Anda cukup baik? Atau bisakah Anda meningkatkannya agar lebih baik? Apakah tombolnya cukup besar untuk disentuh di versi seluler? Bagaimana dengan konten Anda? Bisakah Anda membuat teks Anda lebih mudah dibaca untuk pemirsa seluler? Memastikan situs web Anda memiliki pengalaman seluler yang luar biasa adalah sesuatu yang perlu Anda mulai.

Baca Juga :   Inspeksi URL, Cara Mengatasi Masalah Pengindeksan Artikel

Demikian artikel blog tools, kiranya bisa menjawab pertanyaan apa arti mobile-First Indexing? Juga beberapa hal mendasar yang berkaitan. Sebagai blogger, pilihan kita tidak lain adalah menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ditempuh oleh Google.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment