Blog Tips & Tools Esai Digital

Cara Cek Artikel Copy Paste, Gunakan Copyscape

Copyscape adalah tools atau alat untuk membantu cara cek artikel copy paste. Copyscape sendiri merupakan website online sehingga cara untuk cek artikel apakah termasuk copy paste atau bukan, bisa dilakukan secara online.

Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba meminta bantuan ke Copyscape. Sekadar mencoba, agar Copyscape menelisik status content di blog artikel opini ini. Hasilnya seperti dalam gambar berikut ini:

Cara Cek Artikel Copy Paste

No Result Found. Hasil tidak ditemukan.? Apakah berarti content di blog ini artikel-artikelnya asli, orisinil? Bukan hasil copy paste, bukan hasil plagiat, bukan hasil mencontek dan mencomot naskah dari luar, dari orang lain, atau dari website lain?

Copyscape blog tools 

Di atas, saya katakan “sekadar mencoba”. Ya, Copyscape, blog tools yang bermanfaat. Jadi layak dicoba oleh blogger, oleh seorang Content Creator, atau siapa saja yang sering berhubungan dengan aktivitas tulis menulis.

Estimasi “No Result Found” di atas tidak boleh diterima apa adanya. Ingat! Semua adalah mesin yang bekerja otomatis. Hampir tidak mungkin jika tidak ada kekeliruan.

Baca Juga :   Cara Membuat Akun Google Analytics

Dan keterangan atas jawaban “No Result Found”, juga otomatis disiapkan. Jika dibaca secara cermat, maka bisa diambil beberapa point.

Pertama, Copyscape menggaransi diri menggunakan algoritma tingkat tinggi untuk mendeteksi struktur teks dalam halaman web. Sekali lagi, halaman web. Bukan halaman artikel per artikel.

Kedua, penelisikan dalam waktu singkat. Sangat masuk akal jika tidak memberikan hasil yang akurat. Konten yang sama, bisa jadi tidak persis sama dengan konten di blog atau web lain.

Ketiga, konten yang sama, yang diduga dicopy, tidak ditemukan dalam sebuah web. Mengapa, karena web tersebut atau konten tersebut tidak terindeks di mesin pencari.

Keempat,  Copyscape Premium offers the most advanced plagiarism search on the web. Ini kuncinya. Fasilitas premium memungkinkan hasil lebih akurat.  Sementara sekadar pengecekan di atas menggunakan tools yang free.

Betapapun, Copyscape  termasuk blog tools yang bagus. Sebagai alat untuk mendeteksi plagiarisme sebuah konten. Blogger layak mencobanya.

Cara menggunakan Copyscape

Bagaimana cara menggunakan copyscape? berikut langkah-langkahnya;

  1. Ketik Copyscape di Browser, atau
  2. Pergi ke https://www.copyscape.com/
  3. Masukkan URL blog anda
  4. Tekan Go
  5. Tunggu sampai muncul hasil penelisikan
  6. Selesai. Hasil akan ditampilkan.
Baca Juga :   Perintah Membaca Dan Menulis, Nuzulul Quran  

Cara menggunakan copyscape di atas untuk layanan free. Untuk layanan premium, Anda harus login dan mendaftarkan diri, agar punya account di sana. Dengan akun premium, niscaya mendapatkan fasilitas dan fitur yang lebih lengkap.

Last but not least, blog ini diupayakan agar isinya tidak artikel copy paste. Ini menjadi komitmen saya sebagai penulis. Sedikit banyak ada pengalaman bagaimana cara menulis yang efektif dan tips menulis yang baik.

Tentu, salah satunya menghidari duplicate content, konten duplikat. Juga menghindari plagiarisme, sebab, di dunia blogging, plagiarisme juga bagian yang tidak semestinya untuk ditempuh.

Baca juga artikel blog tips ini>Apa itu Custom Fields Cached? Bagaimana Cara Menghapus nya?

Demikian sekadar artikel blog tips & tool Cara Cek Artikel Copy Paste. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment