Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Apa itu Custom Fields Cached? Bagaimana Cara Menghapus nya?

Apa itu Custom Fields Cached? Apa pengaruh nya untuk kecepatan loading situs web? Bagaimana cara menghapus Custom Fields Cached dari WordPress?

Custom Fields adalah bidang/kolom khusus. Ia muncul di sekitar halaman editor posting WordPress. Bidang/kolom khusus ada di sebelah kanan. Juga di bawah posting. Secara default/bawaan, jenis posting WordPress memiliki bagian yang disebut Custom Fields.

Custom Fields merupakan elemen bawaan yang sangat meningkatkan ekstensibilitas WordPress. Fungsi bidang/kolom khusus ini mempermudah proses navigasi dan editing posting. Custom Fields standar bisa dilihat di sekitar halaman editor.

Apa itu Custom Fields Cached?

Custom Fields Cached adalah bidang/kolom khusus yang bersifat tambahan, dan sudah mengalami pengendapan (cached). Strukturnya tersimpan di database. Bisa dilihat di meta data dari PHPMyAdmin di CPanel.

Karena mengalami cached, maka Custom Fields tersebut tetap berada pada posisinya. Custom Fields  dalam bentuk kolom entri tersebut dapat terus muncul kembali untuk keperluan entri-entri selanjutnya.

Dari mana Custom Fields berasal? Secara default, WordPress sudah membawa Custom Fields. Custom Fields juga berasal dari plugin dan tema.

Baca Juga :   Ciri Budaya Digital, Konsumsi Teknologi Yang Tinggi

Baik Plugin maupun Tema secara bawaan menggunakan bidang khusus untuk menyimpan metadata tambahan tentang sebuah pos. Atau menampilkan informasi khusus tentang sebuah posting.

Jika Anda pernah melakukan perubahan tema, maka bisa jadi Custom Fields tema yang lama masih mengendap. Jika Anda pernah menginstal atau mengganti Plugin, menginstal atau mengganti Plugin lagi, maka bisa jadi Custom Fields plugin yang lama masih mengendap.

Custom Fields Cached harus dibersihkan

Gambar berikut ini menunjukkan Custom Fields bidang/kolom khusus. Ia berada di bawah posting. Berasal dari Plugin Consolety dan Tema SWP.

Cached Custom Fields

Custom Fields tersebut sudah Cached, mengendap. Dan selalu muncul jika Saya hendak melakukan editing post WordPress. Pengaruh Custom Fields tersebut sangat jelas; memperlambat loading halaman. Kecepatan loading situs web juga terganggu.

Anehnya, Custom Fields Cached tersebut ada di setiap halaman post. Setelah ditelusuri, itu terjadi sejak pertama kali Instal sebuah plugin. Itu juga terjadi setelah saya mengganti tema. Keduanya, plugin dan tema, membawa dan menyimpan Custom Fields Cached di WordPress.

Baca Juga :   Silaturahmi Digital Virtual yang Fenomenal

Tidak setiap custom fields bawaan plugin atau tema hilang secara otomatis meskipun tema atau plugin sudah di-uninstall. Apalagi jika hanya sekadar dihapus. Oleh sebab itu, Custom Fields Cached harus dibersihkan. Bagaimana cara menghapus Custom Fields Cached?

Cara menghapus Custom Fields Cached?

Menghapus Custom Fields Cached Perlu dilakukan untuk menambah kecepatan loading situs web. Namun menghapusnya satu persatu tentu memakan waktu. Apalagi jika jumlah posting sudah banyak. Cara menghapus Custom Fields Cached bisa menggunakan phpMyAdmin atau Plugin.

  1. Pergi ke phpMyAdmin, lihat tabel wp_postmeta, untuk mencari Custom Fields, bidang/kolom khusus, yang ingin Anda hapus. Pastikan anda sudah paham mengoperasikan phpMyAdmin; atau,
  2. Menggunakan Plugin Edit Custom Fields. Ada pilihan edit. Juga ada pilihan hapus.

Plugin edit custom fields

Saya sudah mencoba, dan berhasil.

  1. Install Plugin Edit Custom Fields dari Dashboard WordPress
  2. Aktifkan Plugin
  3. Lalu Klik Tools > Edit Custom Fields. Plugin akan menampilkan Custom Fields Cached yang ada di situs web
  4. Pilih / Centang Custom Fields Cached yang akan dihapus;
  5. Klik Delete Checked Custom Fields.
  6. Plugin akan menawarkan; apa anda yakin untuk menghapus?
  7. Jika Iya. Klik > Yes, Definitely delete these custom fields
Custom Fields Deletion

Dialog Box Konfirmasi Penghapusan Custom Fields

Custom Fields Cached yang akan dihapus, kelak akan hilang. Posting yang terhubung dengan metadata Custom Fields juga akan dilepaskan, dibersihkan dari tautan Custom Fields Cached

Baca Juga :   Mobile-First Indexing Blog Website Akan Diterapkan Google

Demikian artikel blog tips & tools. Semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Apa itu Custom Fields Cached? Apa pengaruh nya untuk kecepatan loading situs web? Bagaimana cara menghapus Custom Fields Cached dari WordPress?

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment