Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Plugin Yoast SEO Semakin Mengenali Bahasa Indonesia

Plugin Yoast SEO versi 14.6 beta sedang dilengkapi kemampuan untuk mengenali bentuk kata dalam bahasa Indonesia seperti kata jamak dan tunggal, juga kata yang berbeda-beda yang berasal dari satu suku kata. Lalu apa pengaruh dan manfaat nya bagi blogger dan teknik SEO dengan blog bahasa Indonesia?

Ini perkembangan yang baik bagi blogger, dan tentunya bagi teknik SEO blog bahasa Indonesia yang menggunakan plugin Yoast SEO premium. Mestinya ke depan akan memberi efek dan pengaruh yang lebih baik di hasil penelusuran mesin pencari Google. Juga memberi manfaat SEO yang lebih baik meski blog menggunakan bahasa Indonesia.

Dalam rilisnya dinyatakan, Rilis versi terbaru ini memiliki beberapa peningkatan yang cukup keren, ditambah tambahan baru untuk pengguna Premium SEO Yoast. Kami melanjutkan serangkaian bahasa kami yang mendapat dukungan bentuk kata dengan dua bahasa baru: Indonesia dan Portugis. Yoast SEO 14.6 hadir dengan sejumlah perbaikan dan peningkatan, ditambah dua bahasa baru yang menerima dukungan bentuk kata – dalam versi beta.

Baca Juga :   Mobile-First Indexing Blog Website Akan Diterapkan Google

Untuk dukungan bahasa Indonesia, plugin Yoast SEO dapat mengenali kata tunggal dan jamak. Yoast SEO dapat mengenali kata “anjing” sebagai kata benda tunggal dan “anjing-anjing” sebagai kata benda jamak. Di rilis versi video, menggunakan kata “kucing”. “Kucing” sebagai kata tunggal dan “kucing-kucing” sebagai kata jamak.

yoast seo mengenali bahasa indonesia

Blog Tools Yoast SEO Premium juga dapat mengenali bentuk-bentuk berbeda dari sebuah kata, seperti “mengenal”, “mengenali”, “memperkenalkan”, “berkenalan”, “dikenal”, “diperkenalkan”, “perkenalan”, dan “pengenalan”. Kita tahu, kata kata yang berbeda tersebut berasal dari satu suku kata; kenal.

Dengan kemampuan mengenali struktur kata dan kalimat dalam bahasa Indonesia, maka plugin SEO terpopuler ini membuka peluang untuk lebih peka, akrab dan responsif terhadap kata kunci atau frasa kata kunci khas bahasa Indonesia.

SEO Multibahasa

Bagi pengembang plugin, tentu ini merupakan terobosan yang baik. Betapa tidak, dunia dengan multi bahasa ini harus dijangkau oleh satu plugin. Google sendiri tampil dalam beberapa bahasa di dunia. Itu semua merupakan jawaban atas pertanyaan SEO multibahasa, multilanguage search engine optimization.

Apa itu SEO Multibahasa? Situs umumnya ditulis dengan bahasa asli pemilik situs. Sifat cakupan situs yang mendunia membuka peluang agar situs bisa dibaca dengan baik di dunia luar sana dengan bahasa mereka. Di sini, SEO Multibahasa menemukan manfaatnya.

Baca Juga :   Menulis Artikel yang Efektif di Blog Setiap Hari

Situs yang menerapkan SEO Multibahasa tentunya akan lebih mudah dikenali oleh pembaca di luar sana. SEO Multibahasa bukan sekadar menerjemahkan isi situs dari bahasa asal ke bahasa asli, melainkan kemampuan menampilkan isi situs yang cepat, akurat dan mudah dipahami berdasarkan kata kunci yang dicari.

Mengapa SEO multibahasa itu penting? Tim pengembang Plugin Yoast menyatakan: Anda ingin situs web Anda ditemukan dengan Google. Dalam strategi SEO standar, Anda mengoptimalkan konten Anda untuk satu bahasa: bahasa situs web Anda ditulis. Namun, kadang-kadang, Anda ingin menargetkan audiens di beberapa negara dan wilayah. Audiensi ini mungkin serupa, tetapi selalu ada perbedaan. Ini memberi Anda kesempatan.

Dengan menargetkan audiensi Anda secara khusus, lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu perbedaan ini adalah bahasa yang mereka gunakan. Ketika Anda membuat situs Anda tersedia dalam beberapa bahasa dan menargetkan wilayah tertentu, Anda mencapai dua hal: Anda memperluas audiens potensial Anda; dan
Anda meningkatkan peluang peringkat untuk wilayah tertentu dan dalam beberapa bahasa.

Baca Juga :   Warungkadin.com Aplikasi Marketplace UMKM, Mau Bergabung?

Nah, pengembang plugin Yoast SEO rupanya membidik peluang ini. Tentu untuk keperluan yang lebih luas. Tidak sekadar meningkatkan penjualan plugin, tapi justeru ikut meningkatkan peluang naiknya kuaitas situs di mesin pencari yang sudah sensitif dan peka dengan bahasa lokal. Termasuk bahasa Indonesia tentunya.

Demikianlah, dengan Plugin Yoast SEO Semakin Mengenali Bahasa Indonesia midah-mudahan bisa memebri pengaruh dan manfaat yang lebih besar bagi blogger dengan blog menggunakan bahasa Indonesia.

 

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment