Blog Tips & Tools Esai Digital

Cara Mendapatkan Kode Google Analytics untuk Situs Web

Bagaimana cara mendapatkan Kode Google Analytics untuk blog atau situs web kita? Apa fungsi dan manfaat Google Analytics hubungannya dengan blog  atau situs web?

Untuk memulai pembahasan ini, silakan baca dulu artikel ini: Cara Membuat Akun Google Analytics. Karena artikel tersebut merupakan langkah awal cara mendapatkan Kode Google Analytics.

Cara Mendapatkan  Kode Google Analytics Untuk Blog tidak sesulit yang kita bayangkan. Di bawah, nanti disertakan cara-caranya secara singkat. Ya, paling tidak, sampai tahap memasukkan kode Google Analytics ke dalam blog atau situs web kita.

Karena pada langkah tersebutlah, tujuan mendasar keberadaan kode google analytics dalam sebuah blog, bisa tercapai. Yaitu, agar blog terhubung dengan kinerja Google Analytics hubungannya dengan blog kita.

Manfaat Google Analytics untuk Blog

Dengan Google Analytics, kita akan dapat menyaring dan mengurutkan pengunjung ke situs web kita. Ya, situs web kita, bukan situs web orang lain. Penyaringan dan pengurutan pengunjung sebagaimana disediakan Google dilakukan dengan puluhan “dimensi”.

Contohnya, dari mana mereka berasal. Browser apa yang mereka gunakan. Juga dengan tampilan halaman “metrik”, yang bisa menunjukkan halaman apa yang mereka klik dan apa yang mereka kirimkan dalam kunjungannya.

Baca Juga :   Cara Instal Accelerated Mobile Page Menggunakan AMP Plugin

Manfaat Google Analytics memang sangat banyak.  Misalnya, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan Produk Google seperti akun Iklan & Search Console Anda.  Ya, kata kuncinya adalah mengitegrasikan. Banyak hal yang bisa diintegrasikan ke dalam dan melalui penggunaan Google Analytics.

Google Analytics melacak semua datanya dengan kode pelacakan unik yang Anda pasang di setiap halaman situs web Anda. Kode ini adalah potongan kecil Javascript, atau bahasa pengkodean, yang berjalan di peramban pemirsa ketika mereka mengunjungi halaman tersebut.

Cara Mendapatkan Kode Google Analytics

Ini adalah contoh script Kode Google Analytics

Kode pendek berupa angka yang diberi garis merah di atas adalah kode analytics yang diberikan Google kepada kita sebagai pengguna.

Mendapatkan Kode Google Analytics untuk Situs Web

Langkah-langkah untuk mendapatkan kode Google Analytics adalah sebagai berikut:

  1. Login ke Akun Google dengan Gmail
  2. Di Tab baru browser, ketik Google Analytics lalu Enter

Jika sudah dalam posisi Log In, akun GMail anda akan diarahkan langsung ke laman setelan Google Analytics. Ini cara yang lebih singkat.

  1. Klik “Analytics” di tab baru browser tersebut. Anda akan di bawa ke halaman web provision Google Analytics, persis di halaman berandanya.
  2. Di sisi kiri bawah halaman Beranda, Klik panel “Admin”.
Baca Juga :   Apa itu Budaya Kultur Digital?

Sampai dengan langkah ke 4 ini, diasumsikan Anda sudah memiliki Akun Google Analytics, bukan sekadar akun GMail. Jika belum memiliki, silakan kembali baca dan ikuti langkah-langkah Cara membuat Akun Google Analytics

  1. Klik +Buat Properti Baru.

Pastikan Anda sudah punya Nama Propertinya. Nama yang paling baik menurut Anda. Nama ini hubungannya dengan situs web atau blog Anda. Mohon diingat, ini bukan nama domain, tapi nama atau judul Branding Situs Web.

Pada Setelan Properti > Setelen Dasar: Google sudah secara otomatis memberikan ID Pelacakan berupa gabungan huruf dan angka (pada gambar di atas, yang diberi coretan merah)

  1. Pada URL Default: isikan “nama domain anda” (misal, namadomain.com)
  2. Tampilan Default, isikian Nama Properti (Saya isikan kata KangNawar.Net pada Properti Saya).
  3. Untuk pilihan kategori Industri, pilih yang paling dengan isi situs web anda.
  4. Beri tanda centang untuk Setelan Lanjutan;
  5. Aktifkan / ON kan beberapa fitur tambahan; Laporan Demografi dan Minat, Gunakan Pengaitan Link yang Disempurnakan
  6. Pilih Mode Tersemat pada pilihan “Mulai Analytics Dalam Halaman pada”
  7. Pilih Aktifkan pada “Aktifkan Metrik Pengguna di Pelaporan”
  8. Langkah terakhir, Klik SIMPAN
Baca Juga :   Mengenal Duplicate Post Yoast Plugin di WordPress

Cara Mendapatkan Kode Google Analytics sampai di langkah ke-13 di atas. Sudah selesai. Jangan lupa untuk meenyimpan.

Script Kode Google Analytics

Langkah di atas akan dikonversi oleh Google secara otomatis dengan membuat Script Kode Google Analytics. Sampai di sini, Adan sudah mendapatkan Kode Google Analytics untuk properti yang dibuat. Kode tersebut kemudiaj dikenal dengan Tracking ID Google Analytics.

Di mana Script Kode Google Analytics berada? Ada di Panel Properti.  Tepatnya di Info Pelacakan > Kode Pelacakan. Lihat gambar berikut ini:

Tracking Code Google Anaytics

Sampai di sini, Cara Mendapatkan Kode Google Analytics sudah selesai. Jangan lupa pada nomor 3 di gambar di atas, Kode tersebut dicopy paste ke dalam file untuk disimpan. Kelak akan bisa digunakan dan fungsinya bermanfaat jika dikoneksikan dengan Blog atau situs web Anda.

Perlu diingatkan kembali, bahwa Cara Mendapatkan Kode Google Analytics untuk Situs Web harus didahului dengan Cara Membuat Akun Google Analytics. Sialakan dibaca agar langkah-langkahnya berurutan.

Demikian artikel blog tips & tool Cara Mendapatkan Kode Google Analytics. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment