Esai Digital

WebDev, Tools Untuk Mengukur Kualitas Halaman Website

WebDev adalah tools untuk menguji dan mengukur kualitas halaman (Measure page quality) sebuah website. Tidak hanya masalah kecepatan (speed) melainkan sisi kualitas lain dari halaman statis maupun halaman posting.

Fitur yang tersedia antara lain alat uji seperti First Contentful Paint, Time to Interactive, Speed Index, Total Blocking Time, Largest Contentful Paint, Cumulative Layout Shift (dalam detik/seconds).

Tools WebDev ini disediakan untuk uji halaman. Menariknya, setelah proses pengujian, disediakan tips dan rekomendasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Sehingga pengguna, termasuk blogger, bisa meningkatkan pengetahuan sekaligus meningkatkan performa website / blognya.

Cara Kerja WebDev

web.dev/measure mengukur kualitas keseluruhan halaman web di lingkungan lab (menggunakan Lighthouse). Ini memberikan wawasan tentang beberapa kategori kualitas dari Lighthouse, termasuk Performa, Aksesibilitas, dan SEO. PageSpeed ​​Insights (PSI) berfokus pada kinerja, menggunakan data lab (Lighthouse) dan lapangan (Chrome UX Report) untuk memberikan ringkasan kinerja.

Selanjutnya, PSI memberikan wawasan tingkat asal di lapangan, sedangkan web.dev/measure dimaksudkan untuk menyelami satu URL di lab. Gunakan PSI saat Anda ingin mengukur dan mengoptimalkan Data Web Inti Anda, dan gunakan web.dev/measure saat mengoptimalkan kumpulan sinyal kualitas yang lebih luas tentang suatu halaman.

Bagaimana cara menggunakan WebDev untuk mengukur kualitas halaman?

  1. Kunjungi link berikut WebDev/Measure
  2. Copy URL Link website dan dan Paste di halaman audit WebDev
  3. Jalankan tes di situs Anda, Masukkan URL situs Anda untuk melihat seberapa baik kinerjanya di semua audit.
  4. Audit webdev bekerja dan tunggu hasilnya. Lihat yang penting dari kinerja situs Anda di seluruh area yang Anda minati.
  5. Anda akan mendapatkan tips untuk meningkatkan performa; dan setiap pengujian dilengkapi dengan langkah-langkah bermanfaat untuk meningkatkan hasil situs Anda.

cara menggunakan WebDev untuk mengukur kualitas halaman

Di atas adalah cara menggunakan WebDev untuk mengukur kualitas halaman dan hasil uji WebDev Tools. Bagaimana, tertarik untuk melakukan uji halaman web? Silakan dicoba secara berkala. Semoga tips blog singkat ini bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Baca juga: GTMetrix Tools Untuk Mencoba Menguji Akselerasi Blog

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Terima kasih sudah singgah. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button