Blog Tips & Tools

GTMetrix Tools Untuk Mencoba Menguji Akselerasi Blog

Sudah pernah mencoba tools GTMetrix untuk menguji akselerasi (kecepatan dan tampilan) Blog ? Jika sudah, tentu memiliki pengalaman bagaimana cara mengunakan dan mengetahui hasil pengujian lewat GTMetrix untuk blog atau webste anda.

Screenshoot di atas adalah hasil uji pada hari Rabu 27 April 2022, pukul 03.30 WIB. Bisa jadi, kelak hasilnya akan berbeda pada pengujian di waktu yang lain. Karena banyak kemungkinan faktor penyebab untuk hasil uji pada waktu yang berbeda.

Seperti terlihat di gambar, ada skor B untuk performance blog artikel opini reviewi dan easi ini dengan akumulasi kuantitatif 90%. Kemudian, angka 99% untuk menunjukkan struktur situs atau blog ini. Cukup bersyukur untuk GTMetrix grade, meski hanya dapet skor B.

Ada pertanyaan mendasar mengapa pemilik blog/website harus mempertimbangkan masalah kecepatan situs. Karena pemilik dengan websitenya berhadapan dengan pengguna, orang-orang yang engunjungi situs. GTMetrix sebagai web/blog tools menjawab pertanyaan mendasar tersebut.

Pengalaman pengguna yang mengunjungi blog kita, dalam hal menavigasi situs misalnya, harus menjadi alasan yang mengapa situs harus bagus dalam banyak aspeknya; termasuk performance dan kecepatan (akselerasi).

Related Articles

Sementara itu, pengguna memiliki banyak pilihan dalam hal mengonsumsi konten di internet, dan jika sebuah situs web yang berkinerja lambat akan membuat pengguna akan “lari” menuju situs lain. Sedangkan situs web yang lebih cepat dan lebih responsif, akan membuat mereka lebih terlibat dan fokus pada konten blog/website.

Alasan lainnya adalah SEO. GTMetrix tools dalam situsnya mengatakan, Google sudah menggunakan kecepatan halaman dalam algoritma pemeringkatan, dan berencana untuk memasukkan pengalaman tentang halaman dalam algoritma pemeringkatan mereka juga, melalui apa yang disebut Web Vitals. artinya, bahwa situs yang memuat lebih cepat dengan pengalaman pengguna yang baik dapat berperingkat lebih tinggi dalam hasil mesin telusur.

Ini sekadar review sangat singkat dilakukan saat senggang lalu menjadi tulisan pendek. Ada baiknya sesekali memanfaatkan blog tool seperti GTMetrix sekadar untuk menguji performance dan kecepatan situs. Lalu baik sekali jika dilanjutkan dengan mengenali beragam aspek dan rekomendasi untuk keperluan tampilan blog yang lebih maksimal.

Selamat Mencoba.

Baca juga: WebDev, Tools Untuk Mengukur Kualitas Halaman Website

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button