Media Sosial Opini

Standar Komunitas Facebook, Sudah Pernah Baca?

Standar Komunitas yang diterbitkan oleh pihak Facebook, pernahkan adan membaca nya? Lalu apa itu Standar Komunitas? Atas alasan apa Kita harus mematuhi nya? Apa saja isi dan bunyi nya?

Satandar Komunitas adalah “Aturan Pokok” yang bertujuan untuk mengatur secara internal maupun eksternal kaitannya dengan sebuah platforma media sosial. Artinya, semua medsos sebenarnya memilikinya. Ia, antara lain mengatur tentang kebijakan secara umum dan khusus seputar penggunaan layanan yang disediakan.

Pada platform media sosial, umumnya mengatur tentang kebolehan dan ketidakbolehan. Bagi pengguna/user diatur bagaimana memanfaatkan dan menggunakan layanan yang disediakan. Termasuk dalam hal itu adalah, keharusan bagi pengguna untuk memberikan informasi pribadi yang asli, orisinil dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tujuan Standar Komunitas

Kami mengakui betapa pentingnya bagi Facebook untuk menjadi tempat yang membuat orang merasa mampu berkomunikasi, dan kami menganggap serius peran kami dalam mencegah penyalahgunaan layanan kami. Karena itulah kami menyusun seperangkat Standar Komunitas yang menjelaskan hal-hal yang diizinkan dan tidak diizinkan di Facebook. [Nukilan bunyi pada naskah pendahuluan Standar Komunitas Facebook].

Baca Juga :   Amien Rais dan Politik Adiluhung yang Kian Meredup

Ada 6 (enam point) yang menjadi konsentrasi dari Standar Komunitas Facebook, masing-masing aturan tentang; Tindakan Kekerasan dan Kriminal, Keamanan, Konten yang Menyinggung, Integritas dan Keaslian, Menghormati Hak dan Kekayaan Intelektual dan Permintaan Terkait Konten.

Sebagai pengguna, kita terikat dengan sekurang-kurangnya 6 point di atas. Merasa atau tidak merasa, kita ada dalam ikatan aturan-main yang dibakukan. Jika kita mau meluangkan waktu untuk membaca butir-butir yang ada, kita akan lebih memahami aturan main ber-Facebook. Pun media sosial lainnya.

Sebebas-bebasnya kita memanfaatkan Facebook, kita sendiri punya aturan personal. Misal, tidak membagikan hal-hal yang memang sangat private, yang tidak layak dibagikan. Kita pun tidak akan membagikannya, bukan?

Lebih jauh dinyatakan [untuk diketahui adanya maksud dan tujuan di balik standar komunitas];

Tujuan Standar Komunitas kami selalu untuk menciptakan tempat bagi ekspresi dan memberi orang suara. Ini belum dan tidak akan berubah. Membangun komunitas dan mewujudkan dunia yang lebih akrab bergantung pada kemampuan orang untuk membagikan beragam pandangan, pengalaman, ide, dan informasi.

Setiap informasi yang kita bagikan di Facebook, ada baiknya dipertahankan untuk berada dalam koridor standar komunitas. Dengan cara demikian, kita bisa mengembangkan kemampuan untuk lebih bijak dalam bermedsos.

Baca Juga :   Memelihara Silaturahmi dan Tradisi Halal Bi Halal

Tidak mungkin mengulas keseluruhannyadi sini. Ini hanya sebuah blog sederhana yang berusaha memberikan kemanfaatan informasi, meskipun hanya sedikit. Selebihnya, bisa anda dapatkan di Facebook yang mengatur tentang hal itu. Demikian, semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment