Jejak Waktu Refleksi Hari Ini

Selamat Idul Fitri 1441 H

Alhamdulillah. Hari ini Umat Islam meyarakan Idul Fitri 1441 H. Tidak lupa, Admin/Author kangnawar.net mengucapkan:

Selamat Idul Fitri 1441 H

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ, وَأَحَالَهُ اللَّهُ عَلَيْك

ucapan idul fitri 1441 H

Sering berakhirnya puasa Ramadhan, kita memasuki Idul Fitri 1441 H. Kewajiban utama di malam Idul Fitri adalah menunaikan zakat fitrah.

Zakat Fitrah, kata Rasulullah Muhammad SAW, adalah jaminan sampainya puasa Ramadhan beserta pahala yang mengiringinya. Semoga Zakat Fitrah sudah kita tunaikan.

Ramadhan memberi kita beberapa hikmah. Ibadah selama bulan Ramadhan, selain puasa, sebaiknya bisa kita lanjutkan selama bulan bulan berikutnya.

Ada beberapa amaliyah di bulan Ramadhan yang perlu dibiasakan di bulan-bulan berikutnya.

Membiasakan Amalan setelah Ramadhan

Lalu apa saja amalan atau amaliyah yang perlu dibiasakan? Ada empat pembiasaan amalan / amaliyah pasca Ramadhan, masing-masing :

  1. Pembiasaan berinfak, pembiasaan mengurangi harta miliknya untuk diberikan kepada orang lain, baik yang wajib maupun yang sunat. Dan pembiasaan ini diberlakukan kepada semua orang, baik orang berada maupun sederhana. Bukankah zakat fithrah itu berlaku untuk semua orang? Tua muda, anak-anak, kaya miskin sama saja yang penting pada waktu datang hari raya, dia punya makanan berlebih untuk sehari semalam hari raya.
  2. Pembiasaan shalat sunat. Sebulan penuh kita bertarawih beserta witirnya. Berarti sebulan penuh kita diajari membiasakan shalat sunat yang kalau kita pilihi yang sunnah muakkadah saja, artinya shalat sunat yang sangat dianjurkan melaksanakannya saja, yang tidak muakkadah tidaak usah kita laksanakan, maka shalat-shalat itu tidak lebih dari tarawih banyaknya dan terpencar-pencar waktunya, hampir sehari semalam.
  3. Pembiasaan puasa. Dengan terus menerus sebulan berpuasa diharapkan seterusnya orang akan terbiasa puasa. Melakukan shalat selain yang fardlu dan berpuasa selain Ramadlan perlu dibiasakan. Dua orang sahabat terpandang, Abu Hurairah dan Abu Darda`, mendapat wasiat istimewa dari beliau Rasulullah saw agar selalu melakukan tiga hal : 1. berpuasa tiga hari setiap bulan, 2. melakukan shalat Dluha dan 3. melakukan shalat Witir sebelum tidur.
  4. Pembiasaan bangun malam. Memang selama bulan Ramadlan kita bangun malam untuk makan sahur. Tapi rasanya keterlaluan lah, bangun malam-malam hanya untuk makan, sama sekali tidak melakukan ibadah, shalat umpamanya. Lebih-lebih shalat malam, walau dua raka`at saja tidaklah kecil nilainya. Lebih-lebih lagi ada tantangan dari Allah, siapa ingin minta sesuatu saat itu, Allah akan memberi, siapa mohon ampun, Allah akan mengampuni.
Baca Juga :   Senja Kala Virus Corona

Demikian, mestinya masih banyak amalan setelah Ramadhan yang perlu dibiasakan. Semua bergantung kepada kemauan individu masing-masing. Semoga kita termasuk yang bisa dan diberi kemampuan untuk melanjutkan amalan setelah Ramadhan tersebut. Agar Percikan Ramadhan senantiasa menjadi spirit ibadah selanjutnya di kemudian hari.

Sekali lagi Kami sampaikan, Selamat Idul Fitri 1441 H. Mohon Maaf lahir dan Batin.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment