Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Inspeksi URL, Cara Mengatasi Masalah Pengindeksan Artikel

Inspeksi URL adalah salah satu tools alat dan cara yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pengindeksan artikel. Dengan menggunakan inspeksi URL, artikel bisa terindeks dan muncul kembali blog di hasil penelusuran Google.

Artikel blog tips ini akan membahas sedikit tentang penggunaan dan pemanfaatan inspeksi. Mayoritas Blogger, pasti menghendaki artikel blog nya bisa muncul dan tampil di halaman hasil penelusuran Google. Jika mungkin, artikel tampil di halaman pertama. Ini sudah bukan rahasia lagi.

Masalah pengindeksan artikel blog memang tidak semata-mata ditentukan oleh Google. Jika artikel tak kunjung muncul di hasil pencarian, maka baik kiranya dicari apa penyebab artikel belum terindeks Google. Peran blogger sendiri juga sangat penting. Blogger harus tahu cara mengatasi masalah pengindeksan artikel-artikelnya.

Pengertian Inspeksi dan URL

Pengertian inspeksi URL tidak lain adalah proses meninjau dan memeriksa alamat artikel atau website. Inspeksi mengandung pengertian proses meninjau, memeriksa, dan mengobservasi; untuk makna yang lebih dalam.

URL sendiri adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Pengertian URL menunjuk pada penyebutan, menyebut sebuah alamat website. Termasuk di dalam jangkauan URL adalah mengarah pada alamat artikel dalam sebuah website.

Mengapa URL perlu diinspeksi, ditinjau dan bahkan harus diperiksa? Ini pertanyaan mendasarnya untuk menjawab manfaat Inspeksi URL dalam mengatasi masalah pengindeksan artikel dan website.

Alat Inspeksi URL menyediakan informasi tentang versi indeks Google dari halaman tertentu. Informasi termasuk kesalahan AMP, kesalahan data terstruktur, dan masalah pengindeksan. Ketiga hal ini > kesalahan AMP, kesalahan data terstruktur dan pengindeksan, adalah masalah umum mengapa inspeksi perlu ditempuh.

Cara Inspeksi URL yang tepat

[1]. Pergi ke beranda Google Search Console, untuk memulai inspeksi URL yang tepat. Pastikan memilih properti yang tepat. Properti di sini adalah nama domain di mana URL nya akan diinspeksi. Kesalahan memilih properti bisa menyebabkan proses inspeksi terhenti.

Kenapa harus memilih properti? Karena bisa jadi ada lebih dari satu properti pada satu akun Search Console yang dimiliki. Properti yang dimaksud di sini adalah nama domain, berupa (contoh) namadomain.com dan https://namadomain.com

[2] Klik URL Inspection atau Inspeksi URL. Pastikan sebelumnya sudah menyalin URL yang tepat yang akan diinspeksi. Misal alamat sebuah artikel, atau alamat sebuah halaman blog. Pastikan pula alamat URL tersebut memang benar-benar mengalami masalah dalam pengindeksan. Contoh, sudah beberapa hari belum terindeks. Atau sudah pernah terindeks, tapi tiba-tiba menghilang.

Hindari menempuh cara inspeksi URL untuk artikel sudah terindeks. Kalaupun tetap harus dilakukan inspeksi, lebih baik sekadar untuk melakukan pengecekan dan tidak dilanjutkan dengan langkah apapun.

Cara Inspeksi URL Artikel

Dengan keterangan URL is on Google, seperti dalam gambar di atas, berarti tidak ada masalah pengindeksan artikel. Namun, Google belum menggaransi URL tersebut ada di hasil pencarian.

Namun dengan keterangan URL is URL is not on Google, seperti gambar di bawah ini, itu berarti This page is not in the index, but not because of an error. See the details below to learn why it wasn’t indexed. Halaman ini tidak ada dalam indeks, tetapi bukan karena kesalahan. Lihat detail di bawah untuk mempelajari mengapa itu tidak diindeks.

Cara Request Indexing Artikel

[3] Pilih satu dari dua cara Inspeksi URL, yaitu Test Live URL atau Request Indexing untuk mengatasi masalah pengindeksan artikel atau URL. Test Live URL untuk memastikan bahwa URL bisa diuji keberadaannya secara langsung. Hasilnya?

URL Bisa terdeteksi, atau tidak terdeteksi. Jika terdeteksi ataupun jika tidak terdeteksi, lakukan Request Indexing, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan Google Search Console. Karena pada kondisi URL not on Google menunjukkan bahwa ada masalah pengindeksan artikel tersebut. Untuk mengetahui detail masalah URL not on Google bisa pergi ke sini > URL not on Google.

Cara mengatasi masalah pengindeksan artikel bisa dilakukan dengan Inspeksi URL di Google Search Console bisa dilakukan dengan,

  • Pilih (klik) Request Indexing.
  • Tunggu sampai Google melakukan pengujian untuk memastikan URL dimaksud bisa diideks kembali.
  • Pastikan mendapatkan jawaban dari Google bahwa URL was added to a priority crawl queue. Google akan meng-crwal kembali URL yang direquest-indexing
  • Akhiri dengan klik Got It.
  • Tunggu beberapa saat (bisa jam, bisa hari), semoga URL akan terindeks kembali

Masalah URL is on Google, but has issues

URL ada di Google, tetapi ada masalah. Mengapa? Itu dapat muncul di hasil Google Penelusuran (jika tidak dikenai tindakan manual atau permintaan penghapusan). Namun, beberapa masalah mencegahnya agar tidak memenuhi syarat untuk semua perangkat tambahan.

Masalah URL is on Google, but has issues, URL ada di Google, tetapi ada masalah. Mengapa ini? Biasanya berkaitan dengan struktur halaman dalam URL tersebut yang dianggap belum support dengan AMP, Accelerated Mobile Page.

Solusi URL ada di Google, tetapi ada masalah, adalah dengan melakukan Inspeksi URL dengan metode Test Live URL. Biarkan Google bekerja. Jika diakhir pengujian tetap ada masalah, maka harus diselesaikan agar URL dan halaman dimaksud support dengan Accelerated Mobile Page. Kemudian, lakukan resquest indexing.

Artikel-artikel lama perlu diinspeksi URLnya, karena Google akan memberlakukan Mobile-First Indexing Blog dan Website. Dan ini menjadi kunci pengindeksan di hasil penelusuran, juga kualitas tampilan halaman blog atau website di versi seluler.

Demikian cara mengatasi masalah pengindeksan artikel dengan Inspeksi URL. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment