Digital Lifestyle Esai Digital

Apa itu Budaya Kultur Digital?

Apa itu pengertian budaya dan arti dari kultur digital? Budaya atau kultur digital adalah produk dari teknologi yang meresap dan akses tanpa batas ke informasi, sebuah produk dari inovasi teknologi digital yang memiliki karakter disruptif dalam kehidupan dan gaya hidup digital masyarakat kita. Karakter tersebut tidak secara general menjadi sifat kultur digital, karena sifat-sifat lainnya juga bisa disertakan.

Seperti apa ekspresi dari budaya-kultur digital? Bagaimana budaya-kultur digital terbentuk? Bagaimana pula pengaruh budaya-kultur digital dalam kehidupan manusia saat ini?

Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “buddhayah” yang diartikan sebagai hal-hal yang berhubungan dengan budi dan akal manusia. Ada juga yang memberikan definisi budaya sebagai suatu cara hidup yang dimiliki oleh sekelompok orang, cara hidup itu berkembang kemudian diwariskan dari generasi ke generasi

Kultur (culture) memiliki pengertian, sebagaimana dalam Oxford Dictionary Online diartikan sebagai the customs and beliefs, art, way of life and social organization of a particular country or group (kebiasaan dan kepercayaan, seni, cara hidup dan organisasi sosial dari negara atau kelompok tertentu).

Baca Juga :   Ciri Budaya Digital, Konsumsi Teknologi Yang Tinggi

Pengertian Budaya – Kultur Digital

Digital berasal dari kata Digitus, jari jemari (dalam bahasa Yunani). Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0.

Oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya.

Digital sendiri merupakan kata sifat. Pengertiannya menjadi bergantung pada kata yang disifati. Kita akan mendapati persepsi dan pengertian yang berbeda beda, misalnya tentang kamera digital, televisi digital. Ada pengertian tentang sistem digital, game digital, buku digital, jaringan digital dan seterusnya.

Termasuk pengertian budaya digital. Ada yang memberi definisi budaya kultur digital adalah “konsep (yang) menyelimuti” yang menggambarkan gagasan bahwa teknologi dan internet secara signifikan membentuk cara kita berinteraksi, berperilaku, berpikir, dan berkomunikasi sebagai manusia dalam lingkungan masyarakat.

Kata kunci dari pengertian di atas adalah adanya teknologi berbasis internet. Teknologi dalam bentuk seperti gadget, gawai, smartphone, laptop, komputer yang beroperasi dan dioperasikan dalam jaringan internet. 

Baca Juga :   5 Gaya Hidup Digital. Anda yang Mana?

Last but not least, budaya-kultur digital adalah bentuk gaya hidup (lifestyle) saat sekarang ini. Saat-saat di mana Anda menjadi bagian darinya. Dan saat-saat di mana Anda dan kita semua menjalaninya. Sampai di sini, pertanyaan apa itu budaya digital, apa itu kultur digital, sudah terjawab, meski tidak sempurna.

Contoh kultur digital

Aktivitas blogging, ngeblog termasuk salah satu contoh kultur digital, budaya digital. Bahkan blogging termasuk contoh awal dan permulaan seiring dengan perkembangan dunia internet.

Banyak bermunculannya blogger menunjukkan hal itu. Dengan blogging, para blogger mengekspresikan motivasi ngeblog nya yang bermacam-macam. Menulis beragam konten. dari sini muncul istilah digital content.

Dalam kesehariannya, blogger terhubung dengan dan dalam jaringan internet. Waktu yang dibutuhkan, sangat beragam, tergantung kebutuhan. Ide yang dituangkan dalam blogging, selalu bermunculan. Artinya, lahir dan munculnya karya-karya dan kreasi blogger dari ide-ide yang dimilikinya telah menjadi budaya.

Sampai dengan saat ngeblog menjadi sebuah kebutuhan, maka di situlah ngeblog menjadi varian dari sekian banyaknya kultur digital. Masih banyak sekali contoh variasi kultur digital. dan dari contoh-contoh yang ada, kita semakin bisa memahami dan mengerti apa itu kultur digital.

Baca Juga :   Warungkadin.com Aplikasi Marketplace UMKM, Mau Bergabung?

Dari Budaya ke Gaya Hidup Digital

Hari ini, hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk kehidupan beragama, sudah dimasuki budaya digital. Ngaji Online, misalnya. Silaturahmi digital virtual juga digelar. Sudah memanfaatkan skema kultur digital. Ya, karena zaman sudah berubah. Kita ada pada zaman, masa, era teknologi digital dan gaya hidup digital.

Keanekaragaman manusia modern memiliki cara masing-masing dalam mengapresiasi dan mengkonsumsi teknologi digital. Cara mereka itu telah menyebabkan munculnya varian 5 jenis gaya hidup digital. Selengkapnya bisa dibaca artikel > 5 Gaya Hidup Digital

Pada akhirnya, budaya dan atau kultur digital adalah pilihan gaya hidup yang ditopang teknologi ciptaan manusia modern. Demikian, semoga pertanyaan apa itu budaya digital, apa itu kultur digital, sudah bisa terjawab.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment