Artikel Esai Digital Blog Tips & Tools

Artikel Terindek di Featured Snippet Atau Cuplikan Pilihan Google

Ada satu artikel blog ini yang terindek di Featured  Snippet atau Cuplikan Pilihan dari Google. Apa itu Featured Snippet? Bagaimana cara, tips agar artikel blog bisa terindek di Featured Snippet dan muncul di halaman satu pencarian Google?

Featured Snippet atau Cuplikan Pilihan adalah kotak atau kolom khusus di halaman pertama hasil pencarian Google; tempat terformat secara terbalik dari daftar cuplikan sebuah artikel. Cuplikan dengan tampilan dibalik itu bisa berbentuk uraian daftar atau deskripsi sebuah artikel.

Untuk lebih jelasnya, lihat format featured snippet dalam gambar berikut ini;

Artikel terindek di Google Featured Snippet

Secara tidak sengaja, artikel di halaman satu Google Featured Snippet itu ditemukan.  Saat sedang memeriksa Panel Visitor di CPanel, mata saya tertuju ke daftar keyphrase, keyword, kata kunci.

Penasaran dengan keyphrase organik yang muncul dalam daftar, saya coba cari di pencarian Google. Kata kunci tersebut adalah : pengertian orphaned content dan apa maksud dari orphaned content. Terrnyata, artikel dengan judul Apa Itu Orphaned Content muncul di halaman satu Google hasil pencarian tersebut.

Featured Snippet Pilihan Google

Lalu bagaimana bagaimana cara, tips agar artikel blog bisa terindek di Featured Snippet? Dan muncul di halaman satu Google hasil pencarian?

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menampilkan Artikel Blog di Google News ?

Featured Snippet adalah pilihan Google sendiri. Sistem otomatis pencarian pelacakan dan penempatan dari Google yang bekerja untuk hal tersebut.

Sebagai blogger, kita tidak bisa serta merta meminta agar Google menempatkan salah satu atau dua artikel blog kita ditempatkan di Featured Snippet. Itu sejauh yang saya ketahui. Mungkin Anda punya pengalaman yang berbeda.

Ada kebijakan yang mengikat untuk hal tersebut. Untuk Featured Snippet atau Cuplikan pilihan, Google memiliki kebijakan sendiri. Katanya:

How can I mark my page as a featured snippet? You can’t. Google systems determine whether a page would make a good featured snippet for a user’s search request, and if so, elevates it.

Intinya, Google tidak menyediakan tools untuk blogger agar artikelnya terindek Featured Snippet. Tapi jikia kita mengusahakan menulis artikel yang efektif dan bisa menyentuh (hati) sistem dari Google, maka sangat mungkin artikel akan terindek.

Elevates it. Angkat, naikkan artikel agar Google menempatkannya di Featured Snippet. Meski demikian, Google juga menggantungkan pada relevansi permintaan pencarian oleh pengguna atas sebuah artikel. Jika kata kuncinya tepat, sangat mungkin artikel muncul di halaman satu pencarian Google sebagai cuplikan pilihan.

Agar Terindek Featured Snippet

Agar artikel bisa terindek di featured snippet dan muncul di halaman satu pencarian Google, kita harus mempertimbangkan beberapa saran dari Google sendiri. Ini bagian dari blog tips yang layak untuk dicoba dan dibuktikan. Berikut ini beberapa saran agar artikel bisa terindek di featured snippet;

Baca Juga :   Mengenal Duplicate Post Yoast Plugin di WordPress

[1] Buat judul artikel yang baik (dan menarik), sehingga bisa memancing Google untuk mengangkatnya ke atas, ke halaman satu pencarian Google.

[2] Judul Artikel tidak harus berupa pertanyaan. Ada sementara pihak yang berpendapat bahwa judul artikel berupa pertanyaan, banyak yang terindek featured snippet. Faktanya, banyak yang bukan pertanyaan juga terindek.

[3] Buat artikel List, berisi daftar ini dan itu secara berurutan. Ini juga fakta yang muncul. Jenis artikel list bisa diangkat Google ke Featured Snippet.

Umumnya artikel yang muncul di Featured Snippet atau Cuplikan Pilihan meliputi artikel definisi, artikel plus berisi tabel, artikel berisi langkah-langkah, dan artikel daftar. Ini platform yang hampir menjadi kesepakatan umum, berdasarkan pengamatan tampilan di halaman satu pencarian Google

[4] Buat deskripsi judul halaman yang baik. Ini masih saran langsung dari Google. Relevansi deskripsi judul halaman, BUKAN JUDUL ARTIKEL, ikut menentukan bagaimana Featured Snippet terbentuk.

[5] Buat meta deskripsi dari artikel yang baik pula. Tidak semua meta deskripsi artikel di paragraf pertama otomatis menjadi penyokong cuplikan unggulan / pilihan. Bisa jadi, meta deskripsi itu berada di bagian-bagian tertentu artikel, tapi memiliki kedekatan dan relevansi dengan judul artikel, atau dengan query pengguna mesin pencari.

Baca Juga :   Antara Google, Blog dan Blogger, Apa Hubungannya?

[6] Gunakan deskripsi yang berkualitas. Deskripsi yang berkualitas hampir pasti bersifat deskriptif. Deskripsi (dari judul artikel) yang berkualitas tinggi dapat ditampilkan dalam hasil pencarian Google, dan dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas lalu lintas pencarian Anda.

Ke enam saran Google di atas hanya beberapa bagian kecil dari keseluruhan saran yang ada. Tidak mungkin ditampilkan semua di sini. Untuk melaksanakan enam saran tersebut saja kadang sulit.

Tapi, tanpa mempertimbangkan saran sebagaimana mestinya, artikel malah terindeks di Featured Snippet. Artinya, artikel tersebut dalam beberapa sisi, sudah memenuhi saran, meski tanpa disadari.

Artikel blog tips cara agar artikel terindek di Featured Snippet atau Cuplikan Pilihan Google ini senagaja saya tulis. Untuk mendokumentasikan bahwa salah satu artikel blog ini sudah terindek di Featured Snippet dan tampil di halaman satu pencarian Google.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment