Artikel Opini Sosial Ekonomi

Penerima Dana Bantuan Sosial PKH Mengundurkan Diri

Mengundurkan Diri Sebagai Penerima Dana Bantuan Sosial PKH? Apa alasan nya? Di saat pemerintah gencar memberikan banyak bantuan sosial, mengapa malah mundur? Takut dikatakan miskin? Atau ada alasan lain?

Sebanyak 1.060 penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) mengundurkan diri. Alasan nya karena merasa sudah tidak masuk kriteria penerima manfaat dari program tersebut. Berita tersebut pernah viral.

Sementara itu, ada seorang Ibu menyatakan mundur dari peserta penerima PKH dengan beberapa alasan. Di antara alasan mengundurkan diri; ada yang lebih berhak untuk menerima, sudah menerima bantuan dana PKH cukup lama, dan bukan karena merasa malu sebagai penerima bantuan, yang identik dengan keluarga miskin.

14 Kriteria Miskin

Apakah dana program PKH yang sudah diterimanya sudah memberikan dampak positif bagi ketahanan dalam keluarganya? Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Sampai tulisan ini dibuat, 14 Kriteria Miskin masih belum mengalami perubahan. Artinya, kriteria tersebut merupakan rujukan sah untuk menentukan dan menetapkan seseorang yang masuk kategori fakir miskin dan tidak mampu.

Atas dasar kriteria tersebut di atas, ditetapkanlah Fakir Miskin Penerima Bansos. Lantas mengapa persoalan carut marut data penerima bantuan sosial tidak kunjung selesai? Ini persoalan lain yang bisa dibahas di lain kesempatan.

Mari kita lihat di sekeliling kita; adakah orang-orang dengan 14 kriteria tersebut? Atau setidaknya 7 sd 9 kriteria dari seluruh kriteria yang ada. Jika ada, apakah mereka menerima bantuan sosial dari pemerintah? Seperti bantuan PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)? Dan Bantuan Sosial lainnya seperti BLT Dana Desa? Jika sesuai, maka jenis bantuan sosial tersebut tepat sasaran.

Rasanya, untuk saat ini, semakin berkurang seseorang, keluarga, yang memenuhi kriteria kemiskinan keluarga fakir miskin. Dan jika orang-orang yang tidak memenuhi kriteria, tetapi mendapatkan bantuan sosial, ini yang hingga saat ini menjadi polemik di masyarakat.

Mengapa mereka menerima bantuan sosial, sedang sebenarnya masih ada yang lebih berhak menerima bantuan sosial yang ada? Banyak hal yang harus dikembalikan pada manajemen pemerintah dalam hal mengelola database warga negara, termasuk pembaruan data keluarga miskin.

Demikian sekadar artikel pendek bantuan sosial tentang fenomena sosial penerima PKH yang mengundurkan diri. Kita bisa menerima alasan mengundurkan diri nya.  Betapapun, langkah tersebut perlu diapresiasi. Semoga bermanfaat.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment