Jejak Waktu Refleksi Hari Ini

Hari Laut Se Dunia 8 Juni 2020

Kapan peringatan Hari Laut Sedunia dirayakan? Hari Laut Se Dunia 8 Juni 2020. Tema Hari Laut Sedunia tahun 2020 ini adalah Innovation for a Sustainable Ocean, inovasi untuk lautan yang berkelanjutan. Demikian seperti dirilis oleh situs resmi PBB untuk Hari Laut Se Dunia, unworldoceansday.org

Perserikatan Bangsa bangsa merayakan Hari Laut Sedunia setiap tahun pada tanggal 8 Juni. Banyak negara telah merayakan hari istimewa ini sejak 1992. Mereka telah mengikuti Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan, yang diadakan di Rio de Janeiro. Pada 2008.

Saat itu, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa akan memutuskan bahwa, pada 2009, 8 Juni akan ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai “Hari Laut Sedunia”. Sejak saat itu, Hari Laut Se Dunia diperingati setia[ tanggal 8 Juni.

Laut dan kesadaran global

PBB menggarisbawahi tentang penting kesadaran global hubungannya dengan laut, dan lautan tentunya. Laut dan kesadaran global, atau sebaliknya, kesadaran global akan laut dan lautan, menjadi pondasi eksistensi kehidupan umat manusia di dunia.

Narasi PBB kira-kira demikian:

Baca Juga :   Hari Buku Nasional, 17 Mei

Setiap 8 Juni, kami memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesadaran global akan manfaat yang diperoleh manusia dari lautan dan tugas individu dan kolektif kami untuk menggunakan sumber dayanya secara berkelanjutan. Generasi mendatang juga akan bergantung pada lautan untuk mata pencaharian mereka!

Akuarium, pusat sains dan lembaga penelitian, LSM, komunitas dan pemerintah di seluruh dunia memobilisasi jutaan orang di sekitar acara besar dan kecil. Ini adalah portal Anda untuk menemukan peristiwa mana yang terjadi di seluruh dunia dan di lingkungan Anda.

Bersama dengan Keluarga Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mitra kami, mari kita rayakan semua yang diberikan lautan setiap hari kepada kita: mulai dari oksigen yang kita hirup hingga inspirasi yang menggerakkan penyair kita.

Dekade Ilmu Kelautan 2021-2030

Tema tahun 2020 ini sangat relevan dalam menjelang Dekade Ilmu Kelautan PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang akan berlangsung dari 2021 hingga 2030.

Dekade ini akan memperkuat kerja sama internasional untuk mengembangkan penelitian ilmiah dan teknologi inovatif yang dapat menghubungkan ilmu kelautan dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :   Kebutuhan Menemani Anak Saat Mengakses Internet

Pada tanggal 5 Desember 2017, PBB mengumumkan Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang akan diselenggarakan dari tahun 2021 hingga 2030.

Dekade ini akan memberikan kerangka kerja bersama untuk memastikan bahwa ilmu kelautan dapat sepenuhnya mendukung tindakan negara-negara untuk secara berkelanjutan mengelola Lautan dan lebih khusus untuk mencapai Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Dekade ini akan memberikan peluang ‘sekali seumur hidup’ untuk menciptakan landasan baru, di seluruh antarmuka kebijakan-sains, untuk memperkuat pengelolaan lautan dan pesisir kita demi kepentingan kemanusiaan.

Ilmu Kelautan menggabungkan berbagai disiplin ilmu (oseanografi fisik, geologi dan kimia serta biologi kelautan) yang mempelajari dan memberikan data tentang lingkungan laut global (organisme laut, dinamika ekosistem, arus laut, gelombang, dinamika fluida geofisika, lempeng tektonik dan geologi dasar laut serta fluks berbagai zat kimia dan sifat fisik di dalam Samudra dan melintasi batas-batasnya).

Selama beberapa dekade, Ilmu Kelautan berkembang untuk mengintegrasikan kebutuhan masyarakat baru dan mendorong kemitraan baru di antara para ahli kelautan yang bekerja dalam berbagai disiplin ilmu yang mengarah pada penemuan baru tentang peran laut dalam regulasi iklim dan proses laut pesisir.

Baca Juga :   Kala Senggang

Ilmu Kelautan dapat mendukung operasi bisnis (industri pelayaran, perikanan dan akuakultur, dll …) serta kegiatan konservasi dan pengelolaan atau masyarakat pesisir dengan memprediksi bahaya Samudra yang mencegah dan mengurangi risiko bencana.

Selamat Hari Laut Se Dunia 8 Juni 2020.

Mudah-udahan negara kita, Indonesia, menjadi bagian yang ikut menentukan masa depan laut dengan inovasi untuk lautan yang berkelanjutan. Mengingat potensi strategis luas wilayah Indonesia yang terdiri dari lautan.

Demikian sekadar artikel pendek tentang Hari Laut Se Dunia 8 Juni 2020, untuk mengisi dan menandai Jejak Waktu Hari ini.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment