Review Video Blog Posts

Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila?

Siapa pencipta lagu Garuda Pancasila? Adalah Sudharnoto. Di Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini, ada baiknya kita mengenang Almarhum Sudharnoto.

Mengutip Historia.Id, Sudharnoto lahir di Kendal, Jawa Tengah, pada 24 Oktober 1925. Meski lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ia justru berkarier di dunia musik. Pasalnya, ibunya pandai main akordeon sedangkan ayahnya gemar main gitar, seruling, dan biola meskipun juga seorang dokter pribadi Mangku Negara VII di Surakarta.

Siapa Pencipta Lagu Garuda PancasilaMenurut Hersri Setiawan dalam Kamus Gestok, Sudharnoto belajar piano, not balok dan aransemen pada Jos Cleber, penggubah lagu anak-anak Daldjono alias Pak Dal, dan Maladi (pendiri RRI dan mantan menteri). Ia juga belajar pada dua pemimpin orkes, yakni Soetedjo (Orkes ALRI) dan R.A.J. Soedjasmin (Orkes Angkatan Kepolisian RI).

Sudharnoto juga aktif dalam organisasi kebudayaan. Ia tercatat sebagai anggota Pimpinan Pusat Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). Bahkan, ia menjabat sebagai Ketua Lembaga Musik Indonesia (LMI).

Garuda Pancasila, Lagu Nasional Indonesia, Ciptaan Sudharnoto. Berikut ini Lirik lagu Garuda Pancasila:

Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Garuda Pancasila,
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 

Posting ini tidak hanya sekadar mengenang Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila. Melainkan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ini, 1 Juni 2020.

Pada posting sebelumnya, Saya sudah sertakan artikel tentang Ancaman Kelangsungan Pancasila. Isi dan pesan dari artikel tersebut menjadi bagian dari komitmen Saya sebagai warga Negara Republik Indonesia.Yaitu, menyuarakan pentingnya untuk memperatahankan Pancasila sebagai Ideologi negara.

Berkaitan dengan Hari Lahir Pancasila, Saya tidak hendak masuk dalam wilayah perdebatan historis. Saya lebih memilih bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Berupa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Apa agenda anda dalam memperingati Hari Kelahiran Pancasila? Semoga bisa mencerminkan dan merefleksikan semangat mempertahankan Pancasila.

Demikian, semoga bermanfaat

Sumber Video: Channel Lagu Nasional Indonesia

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment