Jejak Waktu Refleksi Hari Ini

Harkitnas Tahun 2020, Bangkit dalam Optimisme Normal Baru

Harkitnas tahun 2020: Bangkit dalam Optimisme Normal Baru. Hari Kebangkitan Nasional tahun ke 112 20 Mei tahun 2020 diperingati dalam suasana keprihatinan baru. Namun dalam semangat dan optimisme normal baru, new normal.

Keprihatinan baru dikandung maksud Hari Kebangkitan Nasional diperingati dalam suasana pandemi virus corona. Ini membuat keprihatinan bukan saja tingkat lokal, melainkan juga tingkat nasional.

Tema Harkitnas tahun 2020 Bangkit dalam Optimisne Normal Baru dikandung maksud dan memiliki pengertian agar Harkitnas 2020 menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa untuk bersatu padu memutus rantai covid-19.

Demikian disampaikan dalam rilis Kemenkominfo melalui surat tertanggal 19 Mei 2020, perihal Penyampaian Pedoman Penyelenggaraan dan Sambutan Hartkitnas 2020.

Upacara Bendera Virtual

Ada yang menarik dalam rilis surat tersebut, bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional antara lain ditandai dengan Upacara Bendera Virtual.

Kementerian Kominfo RI sendiri akan melaksanakan upacara tersebut dengan live streaming melalui ink https://komin.fo/harkitnas2020.

Sementara itu, tata Upacara Bendera harkitnas 2020 secara virtual seperti upacara-upacara peringatan hari-hari nasional. Urutannya sebagai berikut:

  1. Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih
  2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
  3. Mengentingkan Cipta
  4. Pembacaan Naskah Pancasila
  5. Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945
  6. Pembacaan Naskah Pidato Menteri Kominfo
  7. Pembacaan Doa
Baca Juga :   Menikah Di Hari Raya Idul Fitri Bulan Syawal

Naskah Sambutan Harkitnas 2020

Hari Kebangkitan Nasional tahun 2020 ini mengingatkan kita kepada semangat untuk bergrak sebagai bangsa. Dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan. Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa boleh jadi harus diredam sementara beberapa buan belakangan ini.

Saat ini bangsa sedang memanggil kia untuk bersatu padau untuk “Bangkit Dalam Optimisme Normal Baru” yang menjadi tema pokok peringatan Hari Kebangkitan Nasional kita tahun 2020. [Inilah tema harkitnas 2020.]

Yaitu, kita harus membiasakan diri dengana hidup baru, tetap produktif ditengah pandemi covid-19. Terbiasa menerapkan protokol kesehatan. Protokol Transportasi dan protokol lainna, serta adanya perubahan standar dan mekanisme kerja, belajar, membaca buku, menulis, maupun aktifitas lainnya.

Kiris ini kita alami saat umat Muslim sedang menunaikan ibadah suci Ramadhan. Dan dalam beberapa hari lagi akan merayakan Idul Fitri 1441 Hijriyah. Kiranya benang merah antara ibadah puasa dan Lebaran Idul Fitri juga sesuai dengan semangat kita melawan covid-19. Yaitu, laku menahan diri, menempa raga, membersihkan diri dan pada akhirnya mencapai kemenangan.

Baca Juga :   Kang Nawar dan Tentang Panggilan Kang

Demikian sekadar mengisi Jejak Waktu untuk Hari ini, untuk menyongsong Hartkitnas tahun 2020 , tanggal 20 Mei yang kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional ke 112 tahun 2020.

Silakan Klik untuk Download Sambutan Harkitnas 2020

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

1 Comment

Leave a Comment