Hari Ini Jejak Waktu

Hari Buku Nasional, 17 Mei

Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei.  Firstly, untuk pertama kalinya dalam sejarah, tanggal 17 Mei 2002, diperingati sebagai Hari Buku Nasional (Harbuknas). Bagaimana sejarah peringatan Hari Buku Nasional?

Mengutip Harian Kompas, Senin (20/5/2002), Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar menetapkan Harbuknas pada 17 Mei 2020.

Dalam sambutannya, dia mengatakan, Indonesia masih terjebak pada tradisi lisan dan sedikit membaca. Ide peringatan Hari Buku digagas masyarakat perbukuan.

Tujuan peringatan Hari Buku Nasional untuk memacu minat baca masyarakat Indonesia sekaligus menaikkan penjualan buku.

“Kami ingin agar peringatan Hari Buku seperti Valentine’s Day, di mana pada hari itu setiap orang memberi sebuah buku kepada orang lain,” kata Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arselan Harahap.

Presiden Joko Widodo melalui akun twitternya @Jokowi  mencuitkan harapannya.

Katanya: “Menjalani hari-hari di tengah pandemi Covid-19 ini kita semua hidup dalam keterbatasan. Saat-saat seperti inilah kita lebih punya waktu untuk membaca buku, baik buku fisik mau pun buku digital. Buku apa saja yang Anda baca selama masa pandemi ini?”.

bagaimana dengan perayaan Harbuknas Anda hari ini? Sudah menambah buku baru? Atau masih menyelesaikan membaca buku yang lama?

Baca Juga :   Mercon Bumbung Bambu Ala Meriam

Buku, kekayaan peradaban

Secondly, yang kedua perlu dinyatakan di sini.

Bahwa salah satu kekayaan peradaban manusia adalah buku. Karya-karya manusia yang dibukukan menjadi saksi tingkat perkembangan peradaban. Pada hampir setiap entitas peradaban, buku menjadi ciri keluhuran intelektual umat manusia yang hidup pada zamannya.

Karya intelektual diwariskan kepada generasi berikutnya. Keadaan hari ini dalam rangkaian sejarah, tertaut erat dengan daya imajinasi dan intelegensia manusia-manusia terpilih yang menandai peradaban.

Kita patut bersyukur atas karya monumental manusia dalam bentuk buku. Perkembangan buku dan perbukuan hari ini, sudah setara dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Sudah selayaknya pula kita memperingati hari buku sejak ditetapkannya.

Admin Blog kangnawar.net turut mengucapkan Selamat Hari Buku Nasional 2020. Semoga dengan membaca buku jendela keilmuan kita semakin terbuka lebar. Kelak di kemudian hari, Admin/Author akan menambahkan Kategori Review Resensi Buku untuk melengkapi isi blog ini.

Baca juga artikel peringatan hari laut se dunia > Hari Laut Se Dunia 8 Juni 2020

Last but not least, itu masih dalam rencana, semoga menjadi kenyataan.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka.Munawar A.M. Penulis Freelance. Beberapa tulisan Saya pernah dimuat di media masa. Terima kasih sudah singgah di Blog Kumpulan Artikel Opini, Review & Esai Digital ini.

Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment