Artikel Opini Media Sosial

Akun Facebook Diretas, Kenali 5 Ciri Ini

Ada orang yang meretas akun Facebook anda? Bagaimana mengenali ciri akun Facebook yang diretas? Seperti apa aktivitas sebuah akun Facebook yang mungkin sudah/sedang diretas?

Yang paling kompeten untuk menjawab pertanyaan di atas adalah pihak Facebook sendiri. Kita sebagai user, pengguna, tidak bisa menjawab secara persis. Mengapa? Karena user, pengguna sifatnya hanya numpang di Facebook.

Hak akses sebagai user juga terbatas. Baiknya Facebook kepada kita; sudah menyediakan Ketentuan Layanan yang jika kita TIDAK SETUJU, maka kita TIDAK BISA MENGGUNAKAN Layanan Facebook. Layanan seperti apa? Banyak. Sebanyak yang disediakan. Dan semua sudah ada aturan mainnya.

Akun diretas? Tunggu dulu….

Belakangan muncul di beberapa posting Facebook yang menyatakan;
~  Teman-teman, waspadalah. Hampir semua akun FB diretas. Gambar profil dan nama kita akan digunakan untuk membuat FB baru dan mereka meminta teman-teman kalian untuk menambahkan pertemanan tersebut. Teman-teman kalian pikir itu adalah permintaan kalian, lalu para peretas menulis apa yang mereka inginkan atas nama kalian semua.
~ Saya informasikan di sini bahwa saya tidak membuat akun FB baru. Jadi, tolong jangan menyetujui permintaan pertemanan dari saya.
~ Salin pesan ini di halaman FB kalian sehingga semua teman-teman Anda waspada…!!! Pesan ini jangan langsung diteruskan tapi sebaiknya copy paste dan pasang ke halaman FB anda

Baca Juga :   Viral Loop dan Fenomena Viral

Direkomendasi oleh pengacara. Pelanggaran Privasi dapat dituntut secara hukum.

#Facebook saat ini adalah identitas publik. Semua pengguna FB harus membuat pernyataan seperti ini. Jika Anda belum mengeluarkan pernyataan setidaknya satu kali, maka akan secara teknis bahwa anda mengizinkan penggunaan foto dan informasi di akun Facebook:
#.Dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak mengizinkan siapapun untuk menggunakan foto dan informasi di akun Facebook saya ke media apapun.

Jika ada akun atas nama dan atau memakai foto saya dan menggunakannya untuk menipu orang lain, maka saya tidak bertanggung jawab baik secara moril maupun materiil. Jika ada permintaan transfer dana atas nama akun saya, itu sudah pasti penipuan.

Terimakasih, Tetap Hati-hati & Waspada, jaga kesehatan. [Kutipan Selesai].

Ada beberapa kejanggalan pada posting di atas.

  • Sumber posting tidak jelas. Tidak ada link yang mengarah pada sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. Dan sepertinya, bukan pernyataan resmi dari Facebook;
  • Pernyataan “hampir semua akun FB diretas” juga patut dipertanyakan. Jika hampir semua, maka hitungannya menjadi sangat banyak sekali, di dalam maupun di luar negeri. Apa hari ini ada gejala “peretasan secara massal”? Sepertinya tidak.
  • Bahwa pelanggaran atas privasi Facebook memang bisa berakibat tindakan hukum. Sudahkah kita membaca Kebijakan Privasi Facebook ?
Baca Juga :   9 Ketentuan Kurban, Baik Untuk Diketahui dan Dilaksanakan

Ciri Akun Facebook Diretas

Sepertinya akun Facebook saya diretas atau seseorang telah menggunakannya tanpa izin. Jika merasa akun Anda diretas atau diambil alih, Anda harus mengunjungi halaman ini untuk mengamankan akun Anda. Kami akan meminta Anda mengubah kata sandi dan meninjau aktivitas login terakhir.

5 Ciri Akun Facebook yang mungkin dalam keadaan diretas. Anda mungkin sudah diretas jika Anda melihat aktivitas berikut:

  1. Email atau kata sandi Anda berubah.
  2. Nama atau tanggal lahir Anda berubah.
  3. Permintaan pertemanan dikirimkan kepada orang yang tidak Anda kenal.
  4. Mengirim pesan yang tidak Anda tulis.
  5. Terdapat posting yang tidak Anda buat.

Anda juga bisa memeriksa fitur dan tips ini untuk membantu menjaga keamanan akun Anda. Mungkin Anda juga ingin mempelajari cara melindungi diri dari perangkat lunak jahat yang berpotensi membahayakan akun Anda.

Catatan: Jika email yang terhubung dengan akun Facebook Anda berubah, Anda bisa memulihkan perubahan ini. Ketika email diubah, kami mengirimkan pesan ke akun email lama berisi tautan khusus. Anda bisa mengklik tautan ini untuk memulihkan perubahan email dan mengamankan akun Anda. [Kutipan Selesai].

Baca Juga :   Pancasila Adalah Amanah Allah SWT, Sebuah Syarah

Kita memang perlu tahu seperti apa cara bermedsos yang beretika, yang perlu ditempuh agar bijak dalam bermedsos dan lebih baik. Tidak merugikan diri sendiri, merugikan orang lain, ataupun merugikan penyedia layanan media sosial.

Membiasakan diri untuk melakukan swasensor juga patut dipertimbangkan, terutama ketika hendak membagi informasi melalui media sosial. Demikian artikel singkat Akun Facebook Diretas. Mari kita kenali. Agar akun Facebook lebih aman dari ancaman diretas orang lain. Semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.

About the author

Kang Nawar

Hello ! Saya Kang Nawar aka. Munawar A.M. Penulis Freelance. Terima kasih sudah singgah di Blog Artikel Opini, Review & Esai Digital ini. Berkenan kiranya untuk membagikan artikel dan mengikuti saya di media sosial. Silakan tinggalkan pendapat dan jejak anda pada kolom komentar. Saya menunggu dengan senang hati. Saya berharap Anda akan datang kembali ke blog ini. Terima Kasih.

Leave a Comment